Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

3 Penyebab Berat Badan Naik Setelah Diet

Minggu, 31 Mei 2020 – 14:21 WIB
3 Penyebab Berat Badan Naik Setelah Diet - JPNN.COM
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Meningkatnya kembali berat badan setelah sempat turun merupakan pertanda bahwa tubuh tidak dapat mempertahankan berat badan dengan stabil. Hal ini disebabkan faktor gaya hidup maupun faktor fisiologis tubuh setelah menjalani diet.

Apa saja penyebab berat badan naik lagi?

1. Jumlah asupan kalori yang naik-turun

Ini adalah hal yang mungkin paling berkontribusi dalam kenaikan berat badan pada orang yang sedang atau telah menjalani diet. Ini karena  asupan kalori yang naik dalam waktu singkat akan kembali menaikan berat badan. Saat menjalani diet, seseorang akan mengurangi asupan kalori sampai di bawah jumlah dari biasanya, misalnya 1800 kalori menjadi 1500 kalori.

Kemudian, dalam beberapa waktu setelah mengalami penurunan, asupan kalori yang dikonsumsi kembali menjadi jumlah normal (1800 kalori) atau bahkan lebih. Inilah yang membuat berat badan akan kembali naik.

Berat badan cenderung kembali meningkat dengan cepat karena setelah melakukan diet, tubuh Anda telah beradaptasi dengan jumlah kalori yang sedikit. Dari contoh yang sebelumnya, jika setelah diet tubuh Anda sudah membiasakan diri dengan kebutuhan kalori 1500, saat berat Anda sudah normal dan Anda kembali ke jumlah 1800 kalori, maka tubuh akan menerima kalori lebih banyak yang akhirnya akan disimpan dalam bentuk lemak dan menyebabkan kenaikan berat badan kembali.

Berat badan Anda bahkan akan meningkat lebih dari sebelum diet apabila Anda melakukan binge eating atau memakan makanan dalam jumlah yang sangat banyak setelah melakukan diet. Pola makan mungkin membantu Anda dalam menurunkan berat badan, tetapi jika Anda kembali makan dengan asupan berlebih kembali maka begitu juga dengan berat badan Anda.

2. Faktor hormonal

Sudah lelah melakukan diet tapi berat badan tak kunjung turun? Cek artikel berikut supaya Anda tahu apa yang salah.

Sumber HelloSehat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close