Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

31 Juta Penduduk Masih Miskin

Pengentasan Kemiskinan Lambat

Jumat, 02 Juli 2010 – 07:07 WIB
31 Juta Penduduk Masih Miskin - JPNN.COM
Warga di pedalaman Papua mengantri untuk mendapat jatah beras, Kamis (1/7). Foto : Cendrawasih Pos/JPNN
JAKARTA - Program pengentasan kemiskinan sepertinya harus ditingkatkan. Pasalnya, data per akhir Maret 2010 menunjukkan, jumlah penduduk miskin di Indonesia masih mencapai 31,02 juta orang.

     

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengatakan, jumlah penduduk miskin tersebut turun 1,51 juta dibandingkan angka pada Maret 2009 yang sebesar 32,53 juta. "Artinya, saat ini masih ada 13,33 persen penduduk Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan," ujarnya di Kantor BPS, Kamis (1/7).

     

Menurut Rusman, penurunan angka kemiskinan pada periode Maret 2009 - Maret 2010 ini lebih lambat dibandingkan penurunan angka kemiskinan periode Maret 2008 - Maret 2009. "Kita tidak bisa mengatakan kalau program pengentasan kemiskinan tidak berhasil, tapi memang agak lambat," katanya.

     

Rusman mengatakan, melambatnya penurunan jumlah penduduk miskin ini diantaranya disebabkan karena pada periode Maret 2008 - Maret 2009, pemerintah masih menjalankan program Bantuan Langsung Tunai (BLT). "Harus diakui, program BLT cukup efektif mengangkat penduduk dari garis kemiskinan," terangnya.

     

JAKARTA - Program pengentasan kemiskinan sepertinya harus ditingkatkan. Pasalnya, data per akhir Maret 2010 menunjukkan, jumlah penduduk miskin di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close