Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

49 TKA Tiongkok Masuk Indonesia, Ini Rute Penerbangan Mereka

Selasa, 17 Maret 2020 – 14:21 WIB
49 TKA Tiongkok Masuk Indonesia, Ini Rute Penerbangan Mereka - JPNN.COM
49 TKA Tiongkok dari Bandara Soetta ke Kendagri menumpang pesawat Garuda Indonesia . Ilustrasi Foto: Soetomo Samsu/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 49 calon TKA (Tenaga Kerja Asing) yang merupakan WN Tiongkok memasuki wilayah Indonesia melalui Thailand. Para TKA Tiongkok itu tiba di Bandara Halu Oleo, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Kepala Bagian Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang mengatakan, para WN Tiongkok itu datang ke Indonesia menggunakan visa kunjungan B211 yang berlaku 60 hari, yang diterbitkan pada 14 Januari 2020 di KBRI Beijing untuk kegiatan calon TKA dalam rangka uji coba kemampuan bekerja.

"Bahwa benar berdasarkan cap tanda masuk Imigrasi Thailand yang tertera pada paspor mereka bahwa mereka tiba di Thailand pada 29 Februari 2020," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima, Selasa (17/3).

Menurut Arvin, berdasarkan medical certificate atau surat sehat pemerintah Thailand sejak 29 Februari hingga 15 Maret 2020, mereka telah dikarantina di Thailand. Dan surat tersebut telah diverifikasi oleh pihak Perwakilan RI di Bangkok pada 15 Maret 2020.

"Bahwa benar pada 15 Maret 2020, Warga Negara Tiongkok tersebut mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soekarno Hatta dan telah menerbitkan surat rekomendasi berupa kartu kewaspadaan kesehatan pada setiap orang tersebut," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, petugas Imigrasi Soekarno-Hatta telah memberikan izin masuk pada 15 Maret 2020 sebagaimana tertera pada paspor mereka setelah WN Tiongkok tersebut menunjukan surat rekomendasi dari KKP Soekarno-Hatta.

Dia juga menerangkan, Kantor Imigrasi pada 15 Maret 2020 pukul 20.00 WITA telah tiba sebanyak 49 Warga Negara Tiongkok yang berasal dari Provinsi Henan, Hebei, Jiangsu, Shaanxi, Jilin dan Anhui datang ke Kendari dari Jakarta menggunakan maskapai Garuda Indonesia dengan kode penerbangan GA-696.

"Warga negara Tiongkok tersebut memiliki dokumen perjalanan yang sah dan masih berlaku. Perlu diketahui bahwa setiap orang yang datang dari luar negeri wajib melalui pemeriksaan oleh karantina kesehatan, imigrasi, dan bea cukai di Bandara Soekarno-Hatta dan mereka dinyatakan layak untuk masuk ke Wilayah Republik Indonesia," jelas dia. (tan/jpnn)

Sebanyak 49 TKA yang merupakan WN Tiongkok masuk ke Indonesia melalui Thailand, menuju Kendari, Sultra.

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close