Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

5 Cara Alami Menurunkan Kadar Asam Urat

Jumat, 22 Maret 2019 – 14:21 WIB
5 Cara Alami Menurunkan Kadar Asam Urat - JPNN.COM

jpnn.com - Tingginya kadar asam urat dalam tubuh ternyata tidak hanya jadi persoalan mereka yang lanjut usia. Nyatanya tidak sedikit orang berusia muda yang mengalami gangguan serupa.

Mulai dari pegal-pegal dan nyeri sendi hingga risiko gangguan ginjal di kemudian hari bisa diawali dengan kadar asam urat terlalu tinggi. Untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, selain mengonsumsi obat, terdapat cara alami yang bisa dicoba.

Sebelum berbagai komplikasi terlanjur terjadi, mereka yang memiliki penyakit asam urat sebaiknya segera mengubah gaya hidup.

Namun bila Anda telanjur mengalami asam urat, berikut ini adalah ragam terapi alami yang bisa dilakukan agar penyakit yang satu ini tidak berlama- lama mengganggu:

1. Diet rendah purin

Asam urat sendiri sebenarnya merupakan produk hasil metabolisme makanan tinggi purin, seperti jeroan, makanan laut, kembang kol dan kacang- kacangan. Bila makanan jenis ini tidak dikonsumsi berlebihan, purin yang dihasilkan dapat dengan mudah dikeluarkan lewat urine.

Akan tetapi bila makanan yang masuk jumlahnya banyak, urine yang dihasilkan pun akan berlebihan, sehingga menumpuk dan berubah menjadi kristal asam urat pada sendi dan ginjal. Akibatnya dapat terjadi peradangan sendi atau gout artritis dan juga gangguan fungsi ginjal.

Untuk itu, penderita asam urat sebaiknya menghindari jenis makanan tersebut.

loading...