Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

5 Kontak Erat Anies Baswedan Positif COVID-19, Anak Buah: Mereka Tertulari Bersama-sama

Kamis, 03 Desember 2020 – 06:30 WIB
5 Kontak Erat Anies Baswedan Positif COVID-19, Anak Buah: Mereka Tertulari Bersama-sama - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Wagub DKI Ahmad Riza Patria. Foto: arsip jpnn.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta menyebutkan 437 orang di lingkungan kegiatan Gubernur Anies Baswedan dan Wagub Ahmad Riza Patria telah mengikuti tes usap PCR setelah duo pemimpin ibu kota dinyatakan positif terjangkiti COVID-19.

"Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta dan jajaran langsung melakukan pelacakan kontak. Hingga Selasa (1/12) kemarin, kami di Dinkes DKI Jakarta dan jajaran telah mencatat 158 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Gubernur dan 279 orang telah dilakukan tes usap dari kontak erat Wakil Gubernur," ujar Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti melalui keterangan tertulis, Rabu (2/12).

Widyastuti mengungkapkan Anies dan Riza selama ini telah rutin menjalani tes usap PCR minimal satu hingga dua minggu sekali sehingga relatif bisa terdiagnosis secara dini sehingga mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

Selain itu, Widyastuti juga menyebut pelacakan kontak menjadi lebih cepat dilakukan setelah dikonfirmasi positif. Ia juga mengapresiasi peran serta masyarakat yang aktif melapor langsung ke Puskesmas untuk dilakukan tes usap PCR bila berstatus kontak erat dengan Anies maupun Riza.

"Sesuai dengan definisi dari Kemenkes bahwa kontak erat adalah orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi COVID-19. Jadi pelacakan kontak yang kami lakukan bukan menyatakan siapa yang tertulari dari Gubernur maupun Wakil Gubernur, tetapi siapa saja yang tertulari bersama Gubernur dan Wakil Gubernur," kata dia.

"Kemudian, data kasus konfirmasi positif hasil contact tracing bukan menentukan penularnya dari Gubernur maupun Wakil Gubernur, tapi menentukan klaster kasus yang bersamaan terjadi selama masa inkubasi COVID-19," ucap Widyastuti.

Penjelasan tentang cara menerjemahkan hasil pelacakan kontak ini tampaknya dianggap sangat penting oleh Widyastuti. Pasalnya, dalam keterangan tertulis ini dia berulang kali menegaskan bahwa mereka yang positif bukan berarti tertularii dari Gubernur Anies atau Wakil Gubernur Riza.

Widyastuti menjelaskan bahwa dari 158 kontak erat Gubernur selama periode tracing pada Selasa (1/11), hasilnya adalah lima orang positif, 111 lainnya negatif dan 42 orang masih menunggu hasil.

Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti berulang kali menegaskan bahwa belum ada bukti Gubernur Anies Baswedan menularkan COVID-19 ke orang lain

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close