Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

56 Hari Tanpa Kasus Covid-19, Vietnam Pacu Perekonomian Lewat Insentif

Kamis, 11 Juni 2020 – 20:10 WIB
56 Hari Tanpa Kasus Covid-19, Vietnam Pacu Perekonomian Lewat Insentif - JPNN.COM
Petugas di Vietnam berjaga-jaga di Distrik Le Minh di Hanoi, Vietnam di masa social distancing akibat pandemi virus corona. Foto: VNA/VNS Photo Danh Lam

jpnn.com, JAKARTA - Vietnam pada Kamis mencatat tidak ada kasus baru COVID-19 dari dalam negeri selama 56 hari berturut-turut sehingga pemerintah setempat mulai memacu kerja ekonomi dengan menyalurkan sejumlah insentif dan subsidi kepada pelaku usaha.

Informasi itu diperoleh dari Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi, saat sesi seminar mengenai pemulihan ekonomi setelah pandemi, yang diadakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Hanoi, lewat dunia maya.

"Beberapa kebijakan yang dikeluarkan Pemerintah Vietnam, antara lain, surat edaran dari Perdana Menteri (Nguyen Xuan Phuc) yang memerintahkan otoritas terkait membantu sektor produksi dan bisnis, memastikan jaminan sosial selama pandemi. Ini dibarengi dengan resolution decree (instruksi, red) terkait fleksibilitas pembayaran pajak dan sewa tanah," terang Dubes Ibnu, Kamis (11/6).

Di samping itu, Pemerintah Vietnam juga membebaskan beberapa pungutan pajak untuk pelaku usaha rumah tangga, pengurangan 50 persen biaya pendaftaran (register fee) untuk kendaraan yang dirakit atau diproduksi di dalam negeri, perpanjangan pembayaran pajak ekspor dan pajak penghasilan pribadi sampai 31 Desember 2020.

Kemudahan lainnya yang diberikan Pemerintah Vietnam, antara lain, pengurangan pajak pendapatan perusahaan sampai 50 persen, penangguhan pembayaran premi asuransi.

Sementara untuk sektor pariwisata, Vietnam berusaha meningkatkan kunjungan dalam negeri dengan menurunkan biaya akomodasi dan tiket pesawat sampai 50 persen.

Menurut Dubes Ibnu, langkah itu dilakukan demi meningkatkan nilai ekspor serta investasi asing di Vietnam.

"Vietnam setelah COVID-19 fokus pada pemulihan bisnis, mendorong ekspor, dan menarik PMA (penanaman modal asing). Vietnam lebih agresif dan lebih dulu melakukan ini daripada emerging economies lainnya karena mereka sukses menangani COVID-19," terang Dubes Ibnu.

Vietnam pada Kamis mencatat tidak ada kasus baru COVID-19 dari dalam negeri selama 56 hari berturut-turut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA