Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

77 Anak di NTB Positif Covid-19

Rabu, 27 Mei 2020 – 18:22 WIB
77 Anak di NTB Positif Covid-19 - JPNN.COM
Ilustrasi COVID-19. Foto: Pixabay

jpnn.com, MATARAM - Kepala Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat dr. Nurhandini Eka Dewi mengungkapkan 77 anak di provinsi itu dinyatakan positif COVID-19.

"Dari jumlah positif COVID-19 di NTB, 77 orang di antaranya anak-anak. Didominasi bayi dan balita, bahkan tiga di antaranya meninggal dunia," ujarnya saat memberikan keterangan pers di Mataram, Rabu (27/5).

Dokter Eka sapaan akrabnya itu, menjelaskan kasus anak positif COVID-19 di NTB bahkan tertinggi kedua di Indonesia, setelah Provinsi Jawa Timur (Jatim).

"Kenapa kasus anak-anak meningkat karena secara tubuh bayi dan balita secara imunitas belum sempurna sehingga gampang tertular," katanya.

Ia mencontohkan dalam kasus pasien balita asal Desa Jeringo, Kabupaten Lombok Barat, tertularnya tidak melalui kedua orang tuanya melainkan akibat diajak keluar rumah.

"Kedua orang tuanya pas diperiksa negatif. Kuat dugaannya anaknya terkena saat dibawa oleh orang tuanya sering ke pasar," katanya.

Ia menjelaskan cara terbaik menghindarkan anak-anak terpapar COVID-19, adalah para orang tua sebaiknya tidak mengajak anak-anak keluar rumah melainkan harus tetap di dalam rumah.

"Meski anak-anak dilengkapi masker seyogianya tidak boleh diajak keluar rumah. Apalagi masih bayi. Maksimal anak-anak itu memakai masker hanya satu jam lebih dari itu tidak boleh. Kenapa tidak boleh berlama-lama pakai masker karena napas bayi pendek tidak seperti orang dewasa," kata Eka.

Kepala Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Barat dr. Nurhandini Eka Dewi mengungkapkan 77 anak di provinsi itu dinyatakan positif COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Dahlan Iskan

    Jaga Hati

    Rabu, 24 April 2024 – 07:07 WIB
    Jaga Hati - JPNN.com
  • Dahlan Iskan

    Zeni

    Sabtu, 13 April 2024 – 08:46 WIB
    Zeni - JPNN.com
  • Hukum

    Kadinkes Sumut Ditahan Jaksa terkait Korupsi APD Rp 24 Miliar

    Rabu, 13 Maret 2024 – 21:13 WIB
    Kadinkes Sumut Ditahan Jaksa terkait Korupsi APD Rp 24 Miliar - JPNN.com
  • Humaniora

    Akademisi UI Terbitkan Buku Evaluasi Efektivitas PPKM dalam Penanganan Pandemi Covid-19

    Senin, 11 Maret 2024 – 14:19 WIB
    Akademisi UI Terbitkan Buku Evaluasi Efektivitas PPKM dalam Penanganan Pandemi Covid-19 - JPNN.com
X Close