Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

9 Kegiatan Ini Bisa Dilakukan Agar Otak Tidak Cepat Pikun

Rabu, 30 Oktober 2019 – 13:43 WIB
9 Kegiatan Ini Bisa Dilakukan Agar Otak Tidak Cepat Pikun - JPNN.COM
Lupa sesuatu. Foto: Qlik Blog

jpnn.com - Seiring pertambahan usia, kemampuan bagian otak yang membantu manusia belajar, mengingat, berencana, dan beberapa fungsi kognitif lainnya akan menurun, yang biasa dinamakan pikun.

Identik dengan usia tua, tapi pikun juga bisa dialami usia muda. Ada kegiatan yang bisa dilakukan agar otak tidak cepat pikun.

“Pertambahan usia tersebut juga menyebabkan menurunnya aliran darah ke otak karena terjadinya penyempitan pembuluh darah, sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya peradangan di otak. Hal ini turut memperburuk fungsi kognitif otak,” jelas dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Tidak ada perubahan fisik yang berarti, sehingga cukup sulit untuk mengidentifikasi pikun. Namun, kondisi ini akan sangat mengganggu, sehingga penderitanya akan kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Kegiatan yang dapat membantu otak agar tidak cepat pikun

Pikun yang merupakan gejala demensia adalah kondisi yang tak dapat disembuhkan, tetapi bisa diperlambat dan dicegah dengan latihan otak. Tak perlu menunggu hingga berusia lanjut, Anda pun bisa mulai melatih otak sedini mungkin. Contoh kegiatannya adalah sebagai berikut:

1. Belajar bahasa baru

Dikatakan oleh dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid, dari KlikDokter, beberapa studi membuktikan bahwa mempelajari bahasa baru dan mempraktikkannya dalam percakapan sehari-hari bisa memperlambat terjadinya demensia dan memperlambat proses penuaan pada otak.

Identik dengan usia tua, tapi pikun juga bisa dialami usia muda. Tapi tenang, ada kegiatan yang bisa dilakukan agar otak tidak cepat pikun.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close