Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

97 Pasar di DKI Rawan Kebakaran

Sabtu, 03 April 2010 – 14:45 WIB
97 Pasar di DKI Rawan Kebakaran - JPNN.COM
JAKARTA - Terbakarnya Ramayana Department Store Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, kemarin (2/4) sekitar pukul 06.30 WIB, mengagetkan banyak pihak. Tidak hanya para pedagang, tapi juga PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar. Mengingat pasar tersebut usai direnovasi dua bulan lalu. Besarnya kobaran si jago merah  membuat tiga lantai ludes terbakar seluruhnya. Sebanyak 48 mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi tidak cukup mampu memadamkan api dalam waktu  cepat. Tidak ada korban jiwa namun kerugian ditengarai mencapai miliaran rupiah. Dugaan sementara, api berasal dari arus pendek listrik di lantai 3.

Dirut PD Pasar Jaya Djangga Lubis mengaku syok dengan kebakaran di Pasar Kebayoran Lama tersebut. ’’Saya juga kaget. Pasar Kebayoran Lama itu baru selesai

direnovasi 2009. Itu pasar andalan kami. Bukan termasuk pasar yang rawan kebakaran,’’ ujar Djangga, kemarin.Dari tiga lantai yang terbakar, seluruhnya  ditempati Ramayana Department Store. Diduga, api berasal dari lantai tiga dan merembet ke lantai dua hingga ke lantai satu. Beruntung, para pedagang  tradisional yang berada di lantai dasar dan sebelah timur tidak sampai tersentuh kobaran si jago merah. ’’Ada 1.108 kios pedagang tradisonal selain Ramayana.  Justru mereka yang selamat,’’ terang Djangga.

Hingga saat ini, belum diketahui berapa kerugian yang diderita. Baik kerugian dari Ramayana Department Store maupun dari PD Pasar Jaya.Mengingat  barang-barang yang ada di Ramayana cukup banyak. Sementara PD Pasar Jaya juga mengaku rugi besar lantaran pasar baru selesai direnovasi. Kebetulan, masa  tanggungjawab perawatan oleh developer setelah selesai direnovasi telah habis. Pasar telah diserahterimakan ke PD Pasar Jaya.

Djangga menyatakan, untuk mengusut penyebab terbakarnya Pasar Kebayoran Lama diserahkan sepenuhnya kepada aparat kepolisian. Pihaknya hanya mengimbau kepada  seluruh pedagang tradisional agar berhati-hati dan waspada. Mengingat dalam catatan PD Pasar Jaya, ada 97 pasar tradisional yang rawan kebakaran. Umur pasar  rata-rata di atas 20 tahun. Peremajaan 97 pasar sudah diagendakan.

JAKARTA - Terbakarnya Ramayana Department Store Pasar Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, kemarin (2/4) sekitar pukul 06.30 WIB, mengagetkan banyak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close