Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ACFTA Hanya Untungkan Industri Raksasa

Rabu, 24 Februari 2010 – 16:01 WIB
ACFTA Hanya Untungkan Industri Raksasa - JPNN.COM
JAKARTA- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menilai memberlakukan Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA) hanya akan memberikan banyak peluang bagi Multi National Company (MNC) atau industri-industri raksasa internasional.

"Karena mereka akan lebih mudah untuk memanfaatkan pasar negara berkembang yang penduduknya cenderung konsumtif," terang Ketua KPPU Tresna P Soemardi di dalam rapat dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VI DPR RI, Jakarta, Rabu (24/2).

Dengan meningkatnya peran dan kiprah MNC dalam ajang Free Trade Agreement (FTA), Tresna menjelaskan juga akan lebih memberikan peluang terjadinya pelanggaran persaingan usaha sehat yang dilakukan oleh MNC, terutama penyalahgunaan posisi dominan serta kartel internasional di pasar-pasar yang sedang berkembang juga semakin besar.

Menurutnya, ketimpangan perekonomian tersebut terutama produktifitas dan daya saing antara negara maju dengan negara berkembang merupakan beberapa faktor yang diduga berperan dalam terciptanya kesenjangan.

JAKARTA- Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menilai memberlakukan Asean-China Free Trade Agreement (ACFTA) hanya akan memberikan banyak peluang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA