Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ada Peran Pelobi Dalam Kunjungan Jokowi ke AS: Fiktif atau Fakta?

Sabtu, 07 November 2015 – 19:32 WIB
Ada Peran Pelobi Dalam Kunjungan Jokowi ke AS: Fiktif atau Fakta? - JPNN.COM
Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menggelar konferensi pers untuk menanggapi isu campur tangan konsultan swasta yang menjembatani pertemuan antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama di Washington beberapa waktu lalu. Dia menegaskan bahwa kabar itu tidak benar.

“Kementerian Luar Negeri tidak menggunakan lobbyist dalam persiapan kunjungan Presiden Joko Widodo ke Amerika," kata Retno dalam jumpa pers di Jakarta, Sabtu (7/11).

Menurut Retno, kunjungan Jokowi ke Amerika Serikat beberapa waktu lalu bersifat formal. Karenanya, semua persiapan dilakukan secara resmi oleh pemerintah langsung yang dalam hal ini adalah Kementerian Luar Negeri.

Persiapan sendiri, lanjut Retno, sudah dilakukan pihaknya sejak Obama mengundang Jokowi berkunjung ke Washington pada bulan November tahun lalu. Retno dan jajarannya mengaku bolak-balik berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait baik di Indonesia maupun AS.

“Saya pribadi memimpin rapat persiapan kunjungan sebanyak tiga kali dalam level menteri. Saya juga melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu John Kerry pada 2 September 2015," ucapnya.

Retno pun menegaskan bahwa semua persiapan pihaknya terdokumentasi lengkap sehingga bisa dipertanggungjawabkan. Karenanya, mantan duta besar RI untuk Kerajaan Belanda ini menyesalkan beredarnya  isu mengenai penggunaan jasa pelobi tersebut.

“Isu yang diangkat sangat tidak akurat, tidak berdasar dan sebagian mendekati ke arah fiktif," ujar wanita lulusan Universitas Gajah Mada ini.

Kabar mengenai keterlibatan pelobi dalam kunjungan Jokowi ini berawal dari artikel seorang profesor ilmu politik bernama Michael Bueler berjudul "Waiting in the White House lobby" di situs asiapasific.anu.edu.au. Pakar politik kawasan Asia Tenggara itu menyebut pemerintah Indonesia menyewa jasa konsultan Singapura, Pereira PTE LTD untuk membantu menyiapkan kunjungan Jokowi ke Amerika Serikat.

JAKARTA – Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menggelar konferensi pers untuk menanggapi isu campur tangan konsultan swasta yang menjembatani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close