Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Airlangga Tegaskan Indonesia Memimpin, Bukan Hanya Menonton

Senin, 08 Januari 2024 – 13:40 WIB
Airlangga Tegaskan Indonesia Memimpin, Bukan Hanya Menonton - JPNN.COM
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Indonesia ikut memimpin di panggung internasional, bukan hanya jadi penonton. Foto: Golkar.

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto tak sependapat dengan Calon Presiden Pemilu 2024 Anies Baswedan terkait posisi Indonesia di panggung internasional.

Anies pada debat ketiga capres yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Minggu (8/1) menyebut posisi Indonesia hanya menjadi penonton di kancah global.

Menanggapi hal tersebut Airlangga mengatakan posisi Indonesia selalu jelas, terutama dalam berbagai forum internasional, Indonesia tampil memimpin.

Sebagai contoh pada KTT G20, keputusan yang dilontarkan Indonesia menjadi pertimbangan negara-negara di dunia.

Pendapat Indonesia tidak hanya memberi warna, tetapi menentukan arah politik panggung internasional.

"Kepemimpinan G20 itu Indonesia bukan hanya duduk, diam dan hadir. Indonesia memimpin. Bapak Presiden datang ke Ukraina, ke Rusia dan kedatangan itu sangat dihargai," kata Airlangga kepada wartawan di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1).

Airlangga menyebut keputusan di Forum KTT G20 tersebut kemudian diadopsi oleh APEC pada pertemuan di Bangkok, Thailand.

Contoh lain, kata Airlangga, Presiden Joko Widodo menunjukkan peran Indonesia melalui pertemuan APEC di Amerika Serikat.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Indonesia ikut memimpin di panggung internasional, bukan hanya jadi penonton.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close