Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

AKBP Hendy Mengungkap Bisnis Ilegal yang Dijalankan Briptu Hasbudi, Ternyata

Jumat, 06 Mei 2022 – 13:45 WIB
AKBP Hendy Mengungkap Bisnis Ilegal yang Dijalankan Briptu Hasbudi, Ternyata - JPNN.COM
Ditreskrimsus Polda Kalimantan Utara menyita sejumlah alat berat di atas lokasi tambang emas ilegal miliki Briptu Hasbudi yang terletak di Kecamatan Sekatak, Bulungan, Kaltara. Foto: Ditreskrimsus Polda Kaltara.

jpnn.com, BULUNGAN - Ditreskrimsus Polda Kalimantan Utara (Kaltara) mengungkap hasil penyidikan terkait sejumlah bisnis ilegal yang dijalankan Briptu Hasbudi selama bertahun-tahun.

"Selain tambang emas ilegal, saudara Briptu Hasbudi juga ada berbisnis ilegal pakaian bekas, ada daging selundupan, dan lain-lain. Saat ini masih dalam pengembangan," kata Direskrimsus Polda Kaltara AKBP Hendy F Kurniawan kepada JPNN.com, Kamis (5/5). 

AKBP Hendy mengatakan bisnis ilegal itu sudah dijalankan Briptu Hasbudi beberapa tahun belakangan. Namun baru terbongkar, setelah masyarakat melaporkan adanya aktivitas pertambangan ilegal.

"Kalau menjalani bisnis ilegalnya itu harus per item ya. Untuk tambang emas ilegal ini, kalau pengakuan dari anak buahnya sekitar dua tahunan. Sementara manifest itu sudah tahunan, sudah lama," kata dia. 

Beberapa bisnis ilegal yang dilakoni Briptu Hasbudi ini terbongkar saat polisi melakukan penggeledahan di rumah yang bersangkutan. Di sana petugas menemukan sejumlah barang bukti berupa dokumen. 

"Setelah penangkapan, kami lakukan pemeriksaan di rumah saudara Hasbudi. Di sana kami mendapatkan dokumen dan buku catatan. Ternyata ada manifest pengiriman kontainer," bebernya. 

Seusai menggeledah rumah Briptu Hasbudi, polisi bergeser menuju Pelabuhan Malundung Tarakan. Di dalam dokumen yang disita, polisi mendapatkan petunjuk dugaan tindak pidana lain. Tercatat ada pengiriman kontainer yang tidak sesuai dengan manifest. 

"Ternyata ada manifest pengiriman kontainer yang tidak sesuai dengan isinya. Disamarkan, dalam pengiriman isinya rumput laut. Ternyata isinya baju bekas," ujar perwira menengah Polri itu.

Ditreskrimsus Polda Kaltara membongkar sejumlah bisnis ilegal yang dijalankan Briptu Hasbudi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close