Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Irjen Daniel Beberkan Tindak Kejahatan Briptu Hasbudi

Senin, 09 Mei 2022 – 18:19 WIB
Irjen Daniel Beberkan Tindak Kejahatan Briptu Hasbudi - JPNN.COM
Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel Aditjaya mememberkan sejumlah alat bukti kejahatan yang dilakukan Briptu Hasbudi (pakaian oranye tahanan) di hadapan para awak media. Foto: Humas Polda Kaltara.

jpnn.com, KALTARA - Kapolda Kalimantan Utara (Kaltara) Irjen Daniel Aditjaya membeberkan hasil penyelidikan perihal kasus bisnis ilegal yang digeluti Briptu Hasbudi di Mako Polda Kaltara pada Senin (9/5) pagi tadi.

Di hadapan awak media, jendral bintang dua itu menyampaikan kronologis pengungkapan kasus yang menjerat oknum bintara polisi yang bertugas di Satuan Polairud Polres Tarakan.

Bermula dari laporan yang disampaikan anggota Komisi III DPR RI di dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang berlangsung pada Februari 2022 lalu.

"Pengungkapan kasus ini bermula dari adanya pertanyaan dan perhatian khusus dari anggota DPR terkait ada kegiatan illegal mining yang terjadi di Kecamatan Sekatak, Bulungan," ucapnya melalui rilis diterima JPNN.com.

Informasi awal ini menjadi atensi Irjen Pol Daniel, dengan membentuk tim gabungan khusus terdiri dari Ditkrimsus Polda Kaltara, Satreskrim Polres Bulungan, dan Polres Tarakan guna melaksanakan penyelidikan dan penyidikan.

"Kamis 21 April 2022, kami mendalami dugaan illegal mining di Desa Sekatak Buji Kecamatan Sekatak, Bulungan. Dari hasil penyelidikan ini, kami temukan benar adanya penambangan emas ilegal," terangnya.

Dalam proses penyelidikan dan penyidikan, tim gabungan mendapatkan informasi bahwa lokasi tambang emas ilegal tersebut berada di atas konsesi tambang milik PT BTM.

"Tambang ilegal ini ternyata bukan dibawah SPK maupun kegiatan PT BTM alias ilegal. Pada 30 April 2022 sekitar 17.30 WITA, kami amankan lima orang di lokasi itu," katanya.

Setelah menjalankan proses penyelidikan dan penyidikan selama empat hari, Kapolda Kaltara Irjen Pol Daniel beberkan fakta kejahatan Briptu Hasbudi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close