Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akhirnya, Gelar Tanggap Darurat

Rabu, 09 September 2009 – 08:50 WIB
Akhirnya, Gelar Tanggap Darurat - JPNN.COM
ONES PAHABOL. Setelah sempat mengelak adanya bencana kelaparan, akhirnya Pemkab Yahukimo menggelar aksi tanggap darurat bencana kelaparan. Nampak Bupati Yahukimo Ones Pahabol ketika sedang meninjau Pemilu Ulang di Yahukimo kemarin. Foto : Daud Sony/cepos
YAHUKIMO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo akhirnya mengakui adanya bencana kelaparan di wilayahnya. Mereka mulai bergerak, memberikan bantuan tanggap darurat mengatasi bencana kelaparan akibat gagal panen di sejumlah distrik di Yahukimo.

Bantuan tanggap darurat itu berupa pemberian obat-obatan dan tenaga medis serta bantuan bahan makanan (Bama) ke sejumlah distrik, antara lain, Langda, Saradala, Bomela, Labahak, Suntamon, Anggruk dan beberapa distrik lainnya yang dipandang perlu. "Untuk obat-obatan dan medisnya sudah jalan, Bama sedang kita persiapkan," jelas Bupati Yahukimo Ones Pahabol, SE,MM yang didampingi Sekda Drs. Roby Langkutoy kepada wartawan di ruang kerjanya usai pertemuan kemarin.       

 

Keputusan bantuan tanggap darurat tersebut disepakati dalam rapat pleno, yang melibatkan pihak gereja di ruang kerja Bupati Yahukimo kemarin. Langkah ini, merespon kerja tim pemkab ke distrik-distrik yang memastikan kebenaran bencana kelaparan itu. Nampaknya, Pemkab Yahukimo tidak mau berpolemik lagi soal bencana kelaparan ini. Mereka menyikapi peristiwa ini dengan sejumlah tindakan positif, dengan menggandeng LSM dan gereja.

Bupati Yahukimo Ones Pahabol mengatakan, tujuan pertemuan itu selain  dimaksudkan untuk bisa mengklarifikasi laporan LSM soal adanya jumlah korban meninggal karena kelaparan, juga untuk menentukan langkah penanganan selanjutnya. Namun sebelum memberikan penjelasan, bupati sedikit menyayangkan pihak Yakpesmi dalam hal ini gereja yang lebih memilih melaporkan masalah itu ke media massa, ketimbang kepada pemerintah Yahukimo sebagai mitra kerja. "Meski kami dilangkahi, tapi itu tidak masalah," katanya Bupati.

 

YAHUKIMO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Yahukimo akhirnya mengakui adanya bencana kelaparan di wilayahnya. Mereka mulai bergerak, memberikan bantuan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close