Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Akui PJJ Kurang Efektif, Mendikbud Nadiem tak Akan Permanenkan

Minggu, 12 Juli 2020 – 21:52 WIB
Akui PJJ Kurang Efektif, Mendikbud Nadiem tak Akan Permanenkan - JPNN.COM
Mendikbud Nadiem Makariem. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidkan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengakui, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak semulus yang dibayangkan.

Berdasarkan evaluasi Kemendikbud, terdapat beberapa daerah yang dinilai cukup efektif. Namun, tidak sedikit pula yang dinilai tidak cukup efektif.

"Beberapa kendala dan tantangan yang ditemukan antara lain akses internet yang di beberapa daerah memang sangat sulit, terutama di daerah terluar, dan tertinggal. Kemudian dana untuk membeli kuota internet," kata Nadiem, Minggu (12/7).

Itu sebabnya, Kemendikbud mengizinkan penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) untuk pembelian kuota internet bagi siswa dan guru. 

Kendala lain adalah waktu adaptasi terhadap program PJJ masih sangat kecil, sehingga banyak terjadi pemberian tugas kepada siswa yang berlipat ganda. Ini sangat memberatkan siswa dan membuat mereka tertekan.

"Kemendikbud maupun siapa pun di sistem ini sebenarnya tidak mau (dipaksa) melakukan pembelajaran jarak jauh. Kami terpaksa melakukan pembelajaran jarak jauh karena opsinya adalah kita tidak belajar sama sekali atau kita coba-coba biar masih ada pembelajaran yang terjadi," terang Mendikbud.  

Diakui Nadiem, cukup banyak kritik terkait ketidakoptimalan pembelajaran jarak jauh yang terjadi di masa pandemi.

"Itu saya 100 persen setuju dengan semua kritikan itu. Namun, kami tidak punya opsi yang lain pada saat ini. Kami harus mencari jalan masing-masing, karena tidak ada satu platform yang cocok untuk satu sekolah,” tuturnya.

Menteri Pendidkan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengakui, pelaksanaan pembelajaran jarak jauh (PJJ) tidak semulus yang dibayangkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close