Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Alhamdulillah, Bantalan Rel di Depan Royal Sudah Terbuka

Bakal Urai Kemacetan

Sabtu, 24 November 2018 – 17:27 WIB
Alhamdulillah, Bantalan Rel di Depan Royal Sudah Terbuka - JPNN.COM
Kawasan Wonokromo depan Royal Plaza yang kini sudah lebih lebar. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Tri Rismaharini bersama jajaran PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya kemarin (23/11) secara resmi membuka rangkaian bantalan rel. Pada hari pertama pembukaan, setidaknya kepadatan lalu lintas di area langganan macet itu terlihat berkurang.

Setelah meresmikan operasional bantalan rel tersebut, Risma mengucapkan terima kasih atas dukungan PT KAI Daop 8. Terutama dalam konsultasi bahan bantalan rel yang memakan waktu lelang hingga berbulan-bulan. ''Agak lama karena sebetulnya ini jalan (wewenang) pemerintah pusat. Saya minta bantuan KAI agar bisa diproses,'' ujarnya kemarin.

Risma menjelaskan, sejatinya lintasan sebidang tidak diperbolehkan dalam undang-undang. Lintasan yang ada pun sebisanya diganti dengan overpass atau underpass agar tidak bersinggungan langsung antara rel dan jalan. Namun, untuk ruas Jalan Wonokromo, pembangunan jalan tidak sebidang lebih rumit. Pelebaran lintasan dengan menggunakan bantalan rel pun dipilih sebagai solusi.

Hal tersebut diamini Executive Vice President (EVP) PT KAI Daop 8 Suryawan Putra Hia. Dia menjelaskan, penambahan lebar lintasan tersebut disetujui Ditjen Perkeretaapian karena bersifat mendesak. ''Lintasan ini darurat karena lalu lintasnya juga semakin crowded,'' paparnya.

Pasca dibukanya bantalan rel tersebut, kepadatan diperkirakan berpindah di sekitar depan RSI A.Yani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close