Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak Muda PYCH Binaan BIN Merancang Busana untuk Papua Street Carnival

Selasa, 04 Juli 2023 – 19:02 WIB
Anak Muda PYCH Binaan BIN Merancang Busana untuk Papua Street Carnival - JPNN.COM
Salah satu anak muda PYCH yang merancang busana untuk Papua Street Carnival. Dok: PYCH.

jpnn.com, JAYAPURA - Para aktivis Papua Youth Creative Hub (PYCH) menunjukkan kreativitasnya dengan mendesain dan memproduksi busana yang akan ditampilkan dalam acara Papua Street Carnival.

Acara yang merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan PYCH yang dibina Badan Intelijen Negara (BIN) ini dijadwalkan akan digelar di sekitaran Kantor Gubernur Papua, awal Juli ini.

Koordinator Bidang Fashion Designer PYCH, Eunike Yunita menyampaikan, desain busana-busana yang akan ditampilkan di event Papua Street Carnival terinspirasi dari keindahan flora dan fauna Papua, serta motif-motif khas Papua yang dikreasikan dalam setiap jahitan dan detail busana.

"Untuk desain-desain yang kami tampilkan ialah terinpirasi dari flora dan fauna yang ada di Papua, begitu juga dengan motif-motif yang kami buat dari Papua," kata Eunike di gedung PYCH, Jayapura, Papua, Selasa (4/7).

Menurut Eunike, dalam sejumlah busana melibatkan media kulit kayu untuk menunjukkan motif khas Papua. Eunike menyatakan pihaknya berusaha menjaga keaslian budaya Papua dan menggunakan bahan-bahan lokal yang ramah lingkungan dalam produksi busana tersebut.

"Kami ingin memperkenalkan Papua dari sisi yang berbeda, dari desain-desain yang kami buat itu kami ingin menyampaikan bahwa Papua adalah beragam, Papua itu indah, dan Papua itu unik, memiliki warisan budaya yang sangat baik," tutur Eunike yang juga desainer tersebut.

Eunike berharap dengan kerja keras dan dedikasi anak muda PYCH dalam menghasilkan busana dan pernak-pernik yang unik dan kreatif, apresiasi terhadap seni dan budaya Papua terus meningkat, serta menjadi ajang mempromosikan keberagaman dan kekayaan budaya Papua kepada dunia.

"Harapan kami sangat luar biasa, harapan kami, kami juga bisa dikenal di internasional dari apa yang kami buat ini," ujar dia.

Para anak muda Papua anggota PYCH merancang sejumlah busana untuk ditampilkan pada Papua Street Carnival.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close