Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anak Suspek Kanker Wajah di Bekasi Terima Uluran Tangan Kemensos, Begini Kondisinya...

Kamis, 12 Agustus 2021 – 17:17 WIB
Anak Suspek Kanker Wajah di Bekasi Terima Uluran Tangan Kemensos, Begini Kondisinya... - JPNN.COM
Kementerian Sosial membantu MYN (9) memberikan rekomendasi ke Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial karena masuk wilayah kerja Kota Bekasi. Foto: Kemensos

jpnn.com, BEKASI - Kementerian Sosial merespons aduan masyarakat tentang anak yang mengalami sakit gigi dan gusi yang menyebabkan pembengkakan pada pipi sebelah kanan.

Anak berinisial MYN (9 tahun) ini telah mengalami sakit sejak Mei 2021.

Berawal dari laporan tetangga MYN kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) ERBE tentang kondisi MYN, LKS ERBE langsung berkoodinasi dengan Kementerian Sosial untuk melakukan respons darurat kepada MYN.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengarahkan jajarannya untuk merespons cepat aduan masyarakat ini.

Balai Budhi Dharma Bekasi, Balai Pangudi Luhur Bekasi dan Balai Handayani Jakarta milik Kementerian Sosial menerjunkan Perawat, Pekerja Sosial dan Penyuluh Sosial untuk melakukan asesmen awal di kediaman MYN daerah Aren Jaya, Bekasi Timur.

"Berdasarkan arahan Menteri Sosial, Kementerian Sosial menurunkan tim untuk memenuhi kebutuhan dasar anak, karena kesehatan MYN saat ini menjadi kebutuhan dasar yang sifatnya darurat. Jadi negara harus hadir untuk memenuhi hak anak dengan mengakseskan ke layanan kesehatan dan layanan lainnya", ungkap Hasrifah Musa, Kepala Balai Handayani Jakarta.

Berdasarkan asesmen awal, didapat informasi bahwa MYN mengalami sakit gigi pada Mei 2021 karena giginya akan tanggal. Namun, belum kunjung tanggal, gigi barunya sudah mulai tumbuh. Sejak saat itu MYN mengeluhkan sakit gigi dan kondisi gusinya membengkak.

Berselang satu bulan, MYN mengeluhkan lelah dan tak bisa berjalan hingga saat ini. MYN juga sempat mengalami demam tinggi. Setelah dibawa ke pelayanan kesehatan terdekat, MYN pun tak kunjung pulih, bahkan kondisinya semakin memprihatinkan seperti perut membuncit, kaki membengkak, badan yang terasa panas dan muncul benjolan di dadanya.

Kementerian Sosial membantu MYN (9) memberikan rekomendasi ke Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial karena masuk wilayah kerja Kota Bekasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close