Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Analisis Menarik, Cara Membedakan Calon Independen atau Boneka di Pilkada

Selasa, 08 September 2020 – 21:51 WIB
Analisis Menarik, Cara Membedakan Calon Independen atau Boneka di Pilkada - JPNN.COM
Warga saat mengikuti pencoblosan Pilkada. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik Hendri Satrio mengemukakan analisis menarik mengenai calon independen dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada.

Hendri mengatakan bahwa calon independen itu bukan hanya diartikan sebagai kandidat yang maju Pilkada tanpa melalui partai politik saja, tetapi dia juga musti terbebas dari sponsor alias bohir dan rente. 

"Calon independen mesti benar-benar diusung rakyat, gotong royong bersama rakyat," ucap @satriohendri lewat akunnya di Twitter pada Selasa malam (8/9).

Nah, bagaimana caranya menilai calon independen, boneka atau benar-benar berjuang bersama rakyat?

"Gampang. Cek aja. Mereka sosialisasi enggak? Turun ke rakyat enggak? Kalau tidak pernah muncul di tengah rakyat ya, sangat mungkin dia boneka, atau malah badut buat lucu-lucuan doang," ujar pengamat yang beken disapa dengan panggilan Hensat ini.

Menurut pendiri KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) ini, setidaknya ada tiga alasan munculnya calon independen di setiap Pilkada.

Pertama, itu bentuk protes terhadap parpol. Kedua, parpol gagal menangkap aspirasi rakyat. "Ada pemimpin yang disuka rakyat tapi enggak kelihatan (tak diusung-red). Ketiga, parpol minta dana rekom ketinggian seperti yang dituturkan Bupati Jember," lanjut Hensat.

Bicara kemungkinan menang, katanya, sudah banyak contoh calon independen memenangkan Pilkada, bahkan ada yang menang melawan petahana.

Masyarakat bisa dengan mudah membedakan apakah calon independen itu boneka atau tidak. Cek penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close