Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Andika Ungkap Motif Pemicu Rutan Padang Rusuh, Bisa Bikin Anda Tercengang

Senin, 16 Mei 2022 – 07:55 WIB
Andika Ungkap Motif Pemicu Rutan Padang Rusuh, Bisa Bikin Anda Tercengang - JPNN.COM
Salah seorang narapidana yang kedapatan membawa senjata tajam dan langsung diamankan ke Kantor Polresta Padang, Minggu (15/5). ANTARA/FathulAbdi

jpnn.com, PADANG - Kerusuhan terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Anak Air Padang, Sumatera Barat pada Sabtu (14/5) malam sekitar pukul 22.00 WIB.

Berikut kronologis kerusuhan di rutan yang berlokasi di Anak Air, Kecamatan Koto Tangah, sebagaimana dipaparkan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumbar R Andika Dwi Prasetya di Padang, Minggu (15/5).

Rutan Padang rusuh berawal saat seorang warga binaan inisial N (36) yang meminta izin keluar karena anggota keluarganya ada yang meninggal. Namun, permintaan itu ditolak pihak Rutan karena tidak sesuai aturan.

Warga binaan yang terjerat kasus pengrusakan dengan pemberatan itu diminta untuk menunggu hingga pagi hari, Minggu,15/5, sembari melengkapi administrasi yang diperlukan untuk izin keluar.

Ogah mengikuti prosedur tersebut, yang bersangkutan diduga menghasut puluhan warga binaan lain untuk membuat keributan di Rutan Padang.

Pria berusia 36 tahun itu bersama sekitar 25 warga binaan lain lantas meneriaki hingga mengeluarkan kata-kata kotor terhadap petugas yang piket malam itu.

Melihat kondisi yang makin panas dan tidak terkendali pihak Rutan Padang langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian serta TNI untuk memberikan dukungan.

Tidak lama berselang personel gabungan dari Polresta Padang serta Kepolisian Sektor Koto Tangah sampai di Rutan Padang untuk melakukan pengamanan.

Rutan Padang rusuh, Andika membeberkan kronologis, biang kerok kerusuhan, dan motif juga terungkap. Mungkin Anda terkejut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close