Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Anies Baswedan Berharap Kampung Gembira Gembrong jadi Percontohan Kawasan Modern

Sabtu, 08 Oktober 2022 – 12:25 WIB
Anies Baswedan Berharap Kampung Gembira Gembrong jadi Percontohan Kawasan Modern - JPNN.COM
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara simbolis menyerahkan kunci bagi warga di Kampung Gembira Gembrong, Jakarta, Jumat (7/10/2022). ANTARA/Yogi Rachman

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap Kampung Gembira Gembrong, Jakarta Timur, bisa menjadi percontohan bagi kampung lain di Indonesia. Menurut dia, hal itu bisa dijadikan sebagai contoh membangun lingkungan kampung di kawasan urban yang memiliki nilai estetis, bangunan modern, dan berkonsep ramah lingkungan.

“Ini adalah contoh kampung yang mana bangunannya ditata untuk sehat dengan masing-masing ada rongga udara mengalir, sehingga suasananya sejuk dan tiap rumah mendapatkan udara yang segar dan yang tinggal sehat,” kata Anies di Kampung Gembrong, Jumat (7/10).

Anies memerinci bahwa Kampung Gembira Gembrong tersebut menerapkan zero run off, yang mana aliran air dari hujan tak dialirkan ke luar, tetapi disiapkan sumur resapan sehingga tak menyumbang air keluar.

“Semuanya dimasukkan ke dalam tanah dengan 16 sumur resapan, bukan hanya estetis, tapi modern secara konsep dan ramah lingkungan pengelolaan airnya,” kata mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu.

Anies Baswedan meresmikan revitalisasi Pasar Gembrong yang dilalap api pada April 2022 lalu.

Revitalisasi itu merupakan kolaborasi antara jajaran Pemprov DKI Jakarta, Baznas BAZIS DKI Jakarta.

Anies Baswedan meresmikan revitalisasi tersebut dengan menyematkan nama Kampung Gembira Gembrong.

“Kabar yang saat itu sebagai duka ternyata adalah pengantar untuk mendapatkan kebahagiaan yang luar biasa. Di saat terjadi kebakaran, saya berjumpa mereka yang mengalami kehancuran harta, menjadi pengantar untuk mendapat rumah yang lebih baik bagi semua,” tuturnya. (mcr4/jpnn) 

Jangan Lewatkan Video Terbaru:

Anies Baswedan berharap Kampung Gembira Gembrong, Jakarta Timur, bisa menjadi percontohan bagi kampung lain di Indonesia.

Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Ryana Aryadita Umasugi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close