Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antisipasi Kejahatan Maritim, Bakamla Gelar Latihan VBSS

Sabtu, 25 Juni 2022 – 11:10 WIB
Antisipasi Kejahatan Maritim, Bakamla Gelar Latihan VBSS - JPNN.COM
Latihan VBSS merupakan program kerja sama Bakamla RI dengan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) atau Kantor PBB urusan obat-obatan dan kejahatan. (ANTARA/HO-Humas Bakamla RI)

jpnn.com, JAKARTA - Badan Keamanan Laut (Bakamla) menggelar latihan Visit, Board, Seacrh and Seizure (VBSS) Internasional.

Latihan VBSS Internasional merupakan program kerja sama Bakamla RI dengan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) atau Kantor PBB Urusan Obat-obatan dan Kejahatan.

Menurut Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, latihan VBSS Internasional merupakan salah satu upaya mengantisipasi kejahatan maritim.

"Ancaman kejahatan maritim yang makin kompleks sebagai dampak perkembangan teknologi dan globalisasi hanya bisa dihadapi dengan profesionalisme sumber daya manusia," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (25/6).

Menurut dia, ancaman yang makin kompleks tersebut membutuhkan kompetensi sumber daya manusia yang tinggi, terutama dari Tim VBSS.

"Tujuannya, mengantisipasi tindak pelanggaran hukum di atas atau lewat kapal," ujar dia.

Latihan VBSS akan diselenggarakan selama delapan tahap yang rencananya diikuti tujuh peserta perwakilan dari Malaysia, Filipina, Sri Lanka, Thailand, Vietnam, dan Bangladesh.

Untuk tahap satu, pelatihan dimulai pada 24 Juni hingga 6 Juli 2022 yang diikuti secara langsung oleh peserta dari Indonesia dan Malaysia, serta negara lain secara virtual.

Kepala Bakamla Laksamana Madya TNI Aan Kurnia mengatakan latihan VBSS Internasional merupakan salah satu upaya mengantisipasi kejahatan maritim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close