Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Antisipasi Serangan, Rusia Bangun Kubah Pelindung di PLTN Terbesar Eropa

Minggu, 18 Desember 2022 – 23:35 WIB
Antisipasi Serangan, Rusia Bangun Kubah Pelindung di PLTN Terbesar Eropa - JPNN.COM
Arsip Foto - Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia di luar kota yang dikuasai Rusia, Enerhodar, di wilayah Zaphorizhizhia, Ukraina, Senin (22/8/2022). Foto: ANTARA/REUTERS/Alexander Ermochenko/tm/am

jpnn.com, MOSKOW - Rusia mulai membangun "kubah pelindung" di atas penampungan limbah nuklir di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia, kata pejabat pada Sabtu (17/12).

PLTN terbesar Eropa dan termasuk 10 besar di dunia itu dikendalikan Rusia sejak Maret, tak lama setelah perang Ukraina dimulai.

Ketakutan akan bencana nuklir masih tetap ada di tengah laporan penembakan di sekitar area tersebut.

Pejabat pro-Rusia di Zaporizhzhia yang sekaligus ketua gerakan We Are Together, Vladimir Rogov, mengatakan bahwa upaya untuk membangun "kubah pelindung" di atas situs penampungan sampah nuklir sedang berlangsung.

"Untuk saat ini, itu akan melindungi dari pecahan peluru dan IED (bom rakitan) yang dijatuhkan dari drone. Ke depannya akan lebih substansial," tulisnya di Telegram.

Lewat pernyataan terpisah, operator nuklir milik negara Rusia, Rosenergoatom juga mengumumkan dimulainya konstruksi pemasangan "bantalan pengaman" untuk melindungi situs penampungan limbah nuklir. (ant/dil/jpnn)

Rusia mulai membangun kubah pelindung di atas penampungan limbah nuklir PLTN Zaporizhzhia, kata pejabat pada Sabtu (17/1

Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close