Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Apakah Daging Nabati Lebih Sehat?

Sabtu, 21 September 2019 – 13:04 WIB
Apakah Daging Nabati Lebih Sehat? - JPNN.COM
Hamburger mahal dilapisi emas. Foto: Mirror

jpnn.com - Burger vegetarian bukanlah makanan yang Anda idamkan. Tetapi daging nabati telah membuat nama untuk diri mereka sendiri, sedemikian rupa sehingga mereka telah berhasil menarik perhatian tidak hanya vegan dan vegetarian tetapi juga pemakan daging seumur hidup.

Mereka telah mulai muncul di menu makanan cepat saji seperti Del Taco dan Burger King, yang telah melaporkan peningkatan penjualan sejak memperkenalkan pilihan daging nabati ini. Ditambah lagi, laporan terbaru yang mengaitkan diet nabati dengan efek positif pada lingkar pinggang, tekanan darah, kadar insulin, dan sistem kardiovaskular menambah daya tarik mereka.

Sementara data nutrisi bisa sangat besar, organisasi medis besar seperti American Heart Association merekomendasikan agar kita membatasi asupan daging merah, terutama jenis olahan. "Saya sudah mencoba Impossible Burger dan Beyond Burger dan keduanya lezat dan melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam hal meniru hamburger daging sapi," kata William W. Li, MD, penulis Eat to Beat Disease: The New Science of How Your Body Can Heal Itself, seperti dilansir laman Sheknows, Kamis (19/9).

"Tapi terlalu dini untuk mengatakan apakah mereka lebih sehat," tambah Tina Martini, guru kebugaran, koki naturopati, dan penulis Delicious Medicine: The Healing Power of Food.

Burger nabati adalah produk olahan, dan beberapa menggunakan bahan-bahan seperti protein kacang yang bisa sulit dicerna dan bisa menyebabkan gas, kembung, dan masalah pencernaan lainnya. Plus, penelitian terbaru menunjukkan bahwa makan makanan ultra-olahan sebenarnya menyebabkan kenaikan berat badan yang lebih besar.

Mereka bahkan bisa memengaruhi microbiome usus, yang merupakan salah satu sistem pertahanan kesehatan tubuh kita. Namun, burger tanpa daging bisa menjadi langkah positif ke arah yang benar sejauh lebih berkelanjutan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Beyond Meat menunjukkan bahwa dampak lingkungan dari The Beyond Burger, bila dibandingkan dengan burger daging sapi AS, menggunakan lebih sedikit air, tanah, dan menghasilkan lebih sedikit emisi rumah kaca. Selain itu, mereka bisa menjadi segmen yang baik bagi seseorang yang ingin beralih ke makan lebih sedikit daging.

Jika Anda memilih pola makan nabati karena Anda tidak ingin hewan digunakan sebagai makanan, maka produk-produk ini akan memberikan Anda pengalaman makan 'burger' yang sangat mirip dengan burger biasa.

Daging nabati telah berhasil menarik perhatian tidak hanya vegan dan vegetarian tetapi juga pemakan daging seumur hidup.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close