Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

APBN Tumbuh Positif Hingga Agustus, Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Rp 171,57 Triliun

Senin, 25 September 2023 – 18:19 WIB
APBN Tumbuh Positif Hingga Agustus, Penerimaan Kepabeanan dan Cukai Rp 171,57 Triliun - JPNN.COM
Ekonomi Indonesia di tengah gejolak perekonomian dunia mampu bertahan dengan didukung inflasi yang terkendali, aktivitas ekonomi yang baik, serta daya beli masyarakat yang terjaga. Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Ekonomi Indonesia di tengah gejolak perekonomian dunia mampu bertahan dengan didukung inflasi yang terkendali, aktivitas ekonomi yang baik, serta daya beli masyarakat yang terjaga.

Anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) per Agustus 2023 pun tetap tumbuh positif.

"Aktivitas ekonomi domestik terus terjaga, tetapi dampak perlambatan ekonomi global dan dinamika geopolitik perlu terus diwaspadai," kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Encep Dudi Ginanjar dalam keterangannya, Senin (25/9).

Encep menyampaikan APBN sebagai motor penggerak sekaligus alat pengaman diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi, melindungi, dan memberi manfaat nyata bagi masyarakat.

"Manfaat tersebut dirasakan oleh masyarakat melalui belanja prioritas dan perlindungan sosial oleh pemerintah, seperti belanja kesehatan, ketahanan pangan, perlindungan sosial, pembayaran manfaat pensiun, subsidi energi dan nonenergi, dan program kartu prakerja," terangnya.

Dalam APBN, Bea Cukai turut berkontribusi melalui pendapatan negara berupa penerimaan bea masuk, bea keluar, dan cukai.

Hingga Agustus 2023, penerimaan kepabeanan dan cukai masih menunjukkan kinerja yang terjaga baik sebesar Rp 171,57 triliun, meskipun terdapat penurunan 16,8 persen (yoy).

"Penurunan ini disebabkan oleh melambatnya penerimaan bea keluar dan cukai. Bea keluar terkumpul Rp 6,84 triliun, atau turun 80,27 persen (yoy) karena penurunan harga CPO, kebijakan flush out 2022, dan volume ekspor mineral," beber Encep.

APBN per Agustus 2023 tetap tumbuh positif, salah satunya ada kontribusi penerimaan kepabeanan dan cukai yang menunjukkan kinerja yang terjaga baik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close