Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Kinerja Positif APBN Dukung Momentum Pemulihan Ekonomi Indonesia

Selasa, 19 Desember 2023 – 20:34 WIB
Kinerja Positif APBN Dukung Momentum Pemulihan Ekonomi Indonesia - JPNN.COM
Kinerja APBN hingga 12 Desember 2023 masih positif dukung momentum pemulihan ekonomi Indonesia. Foto: ilustrasi/dokumentasi Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Kinerja anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) hingga pertengahan Desember 2023 tercatat lebih kuat dari target yang ditentukan.

Beragam manfaat baik pun diberikan kepada masyarakat demi mendukung momentum pemulihan dan tercapainya target pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dalam konferensi pers APBN Kita Desember 2023, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kinerja APBN hingga 12 Desember 2023 masih positif.

Pendapatan negara tercatat mencapai Rp 2.553,2 triliun atau meningkat 4,1 persen (yoy) diiringi belanja negara yang juga catat hasil positif di angka Rp 2.588,2 triliun.

APBN terus diupayakan pemerintah untuk tetap memberikan beragam manfaat langsung kepada masyarakat yang direalisasikan dalam bentuk perlindungan sosial, kesejahteraan petani, fasilitas UMKM, pendidikan, infrastruktur, dan investasi.

Terkait kinerja penerimaan sektor kepabeanan dan cukai, Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Encep Dudi Ginanjar menjelaskan hingga 12 Desember 2023 pihaknya turut berkontribusi sebesar Rp 256,5 triliun.

Sektor cukai menjadi penerimaan tertinggi dengan total Rp 196,7 triliun didukung penerimaan bea masuk sebesar Rp 47,6 triliun dan bea keluar Rp 12,3 triliun.

Dibandingkan tahun sebelumnya, penerimaan bea masuk dan bea keluar mengalami perlambatan, yakni masing-masing di angka 0,1 persen dan 68,5 persen.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kinerja APBN hingga 12 Desember 2023 masih positif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close