Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Apeksi Tantang Anak Muda Kreatif di Youth City Changers

Kamis, 11 Agustus 2022 – 06:02 WIB
Apeksi Tantang Anak Muda Kreatif di Youth City Changers - JPNN.COM
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan saat sedang berbicara di acara Youth City Changers (YCC) di Youth Center Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (7/8). Foto: Dokumentasi Apeksi

jpnn.com, PADANG - Ratusan kawula muda dari berbagai kota di tanah air antusias mengikuti program Youth City Changers (YCC) di Youth Center Kota Padang, Sumatera Barat, Minggu (7/8).

Program yang digagas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ini diharapkan YCC dapat menghasilkan isu dan solusi pembangunan kota melalui gagasan kreatif para pemuda.

Tiga isu yang menjadi tema tersebut, yaitu sustainability (keberlanjutan), empowerment (pemberdayaan) dan digital.

Salah satu rangkaian YCC adalah talkshow inspiratif bersama para tokoh nasional, seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Wali Kota Bogor/Ketua Apeksi Bima Arya, Rektor IPB/Ketua ICMI Prof Arif Satria dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil berbagi mengenai pengalamannya ketika masih menjadi aktivis komunitas kreatif yang berkeinginan kuat untuk mengubah kotanya saat itu.

"Saya pernah seperti kalian, menjadi aktivis komunitas kreatif karena kesal kepada wali kotanya, lahan menganggur dibiarkan, ruang publik tidak ada, dikasih tahu tidak didengarkan. Kemudian saya bikin komunitas, lama-lama saya rebut kotanya dan Alhamdulillah jadi Wali Kota Bandung (2013-2015)," ungkap Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Kang Emil juga mengatakan semua kota butuh ruang dan ruang harus ada yang mengisi.

"Siapa yang isi? Anak-anak muda seperti kalian," ujar Kang Emil.

Apeksi menggagas program Youth City Changers yang diharapkan dapat menghasilkan isu dan solusi pembangunan kota melalui gagasan kreatif para pemuda

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close