Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Apple Makin Dekat dengan Perangkat XR

Minggu, 04 Desember 2022 – 09:04 WIB
Apple Makin Dekat dengan Perangkat XR - JPNN.COM
Logo Apple. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Apple dikabarkan telah mendaftarkan paten untuk sistem operasi perangkat realitas campurannya atau perangkat XR dengan sebutan xrOS.

Kabar itu pertama kali dilaporkan oleh jurnalis Bloomberg Mark Gurman yang menyebutkan langkah itu diambil menunjukkan perilis produk XR Apple makin dekat.

XR merupakan singkatan dari eXtended Reality, istilah yang diterapkan pada perangkat yang mampu menggabungkan fungsi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality).

VR saat ini digunakan untuk menampilkan visual di dunia maya dengan lebih nyata, sementara AR dikenal menampilkan gambaran dari dunia maya ke dunia nyata terasa lebih dekat.

Kehadiran realitas campuran pun erat kaitannya dengan pengembangan metaverse yang makin dikenal sejak Facebook mengubah namanya menjadi Meta.

Saat ini sebagai perbandingan di industri Metaverse, sudah ada headset seperti Meta Quest 2 besutan Meta yang mampu menghadirkan kolaborasi fungsi VR dengan sedikit AR.

Pesaing di industri lainnya seperti Google dengan Google Glass dan Microsoft dengan HoloLens masih berfokus pada perangkat khusus AR.

Jika berhasil, Apple akan menjadi kompetitor baru untuk pengembangan metaverse secara global.

Apple dikabarkan telah mendaftarkan paten untuk sistem operasi perangkat realitas campurannya atau perangkat XR dengan sebutan xrOS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close