Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arief Poyuono Ingatkan Situasi Krisis Ekonomi Terburuk karena Corona

Sabtu, 21 Maret 2020 – 22:34 WIB
Arief Poyuono Ingatkan Situasi Krisis Ekonomi Terburuk karena Corona - JPNN.COM
Wakil Ketua Umum Gerindra Arief Poyuono. Foto: rmol.co

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono, meminta pemerintah segera mengambil langkah-langkah kebijakan moneter guna meyakinkan investor di tengah kondisi perekonomian global dan wabah virus Corona (Covid-19) yang semakin merajalela.

Arief memprediksi bahwa pada minggu depan capital flight akan lebih deras. Strategi intervensi Bank Indonesia juga tidak akan efektif mencegah dolar Amerika Serikat keluar dari Indonesia.

"Jika tidak ada langkah-langkah kebijakan moneter yang bisa meyakinkan para investor dan konglomerat Indonesia untuk tidak memindahkan mata uang dolarnya ke luar negeri, maka krisis moneter tidak bisa dielakkan lagi," ucap Arief dalam keterangan yang diterima jpnn.com, Sabtu (20/3).

Imbasnya, lanjut lulusan Fakultas Ekonomi Universitas Jayabaya ini, kondisi itu akan membuat utang negara semakin menggunung, terutama bila kurs rupiah terhadap USD mencapai Rp19.000/ dolar AS.

Lebih jauh, proyek-proyek infrastruktur yang menggunakan pembiayaan luar negeri terancam akan mangkrak dan kesulitan membayar bunga pinjaman bank dan investor.

"Tinggi kurs dolar juga akan berdampak pada kenaikan harga-harga barang pangan yang berbasis impor, seperti gula, beras, gandum untuk membuat tepung dan mie instan. Belum lagi harga susu untuk bayi dan anak-anak yang akan ikut naik karena masih impor," tuturnya.

Di sisi lain, kinerja ekspor komoditas Indonesia seperti CPO, Batubara, maupun mineral tidak banyak membantu menguatkan nilai kurs rupiah. Pasalnya, negara tujuan ekspor juga mengalami guncangan ekonomi yang berdampak pada pengurangan permintaan komoditas ekspor.

"Dengan merosotnya ekspor maka akan berdampak juga pada tidak tercapainya pendapatan dari sektor pajak. Krisis ekonomi di Indonesia di era Joko Widodo tidak bisa dihindarkan lagi," jelas ketua umum FSP BUMN Bersatu ini.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono mengungkapkan krisis ekonomi di Indonesia di era Joko Widodo tidak bisa dihindarkan lagi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close