Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Arief Poyuono: Jangan Kecam Kalau Tidak Kebagian Kue Proyek Kartu Prakerja

Rabu, 29 April 2020 – 22:58 WIB
Arief Poyuono: Jangan Kecam Kalau Tidak Kebagian Kue Proyek Kartu Prakerja - JPNN.COM
Arief Poyuono. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Arief Poyuono angkat bicara ihwal polemik program Kartu Prakerja yang digagas Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Arief mengatakan sebaiknya para elite partai politik dan tokoh masyarakat jangan mengecam atau mengkritik dulu kalau tidak kebagian kue proyek program Kartu Prakerja.

“Mari kita dukung Kartu Prakerja biar cepat terealisasi. Jangan adu debat dan curiga terus bawaannya dengan programnya Kangmas Joko Widodo,” kata Poyuono dalam keterangannya, Rabu (29/4).

Arief mengatakan Kartu Prakerja seharusnya dikelola oleh manajemen tersendiri yang diawasi langsung oleh presiden yang mendelegasikannya pada Menko Perekonomian.

“Tidak harus oleh kementerian ketenagakerjaan agar kinerja dari Kartu Prakerja bisa terukur dan sampai pada masyarakat angkatan kerja baru dan buruh yang di PHK,” katanya.

Sebab, Arief beralasan, Kartu Prakerja ini merupakan produk pemerintah dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang akan memiliki skill untuk masuk dunia usaha dan kerja yang sifatnya lintas lembaga, departemen dan institusi, serta badan usaha milik negara (BUMN). Karena itu, kata dia, Kemenaker tidak bisa menangani Kartu Prakerja.

“Peserta program Kartu Prakerja tidak melulu akan dibentuk menjadi pekerja formal tetapi juga wiraswatawan yang mandiri,” ungkap Arief lagi.

Ia mencontohkan peserta dari desa mendapatkan pelatihan usahawan digital online marketing atau usaha startup unicorn. Nantinya,  mereka bisa menjadi usahawan online untuk memasarkan produk-produk dari pedesaan ke seluruh Indonesia melalui belanja daring. “Misalnya,  mereka berjualan bahan jamu asli Indonesia seperti temulawak, jahe, kayu secang, kencur, mebel, makanan kampung dan lain-lain secara online,” ujarnya.

Arief mengatakan sebaiknya para elite partai politik dan tokoh masyarakat jangan mengecam atau mengkritik dulu kalau tidak kebagian kue proyek program Kartu Prakerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close