Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Asal-Usul Nama Whoosh untuk Kereta Cepat Terungkap, Ternyata

Senin, 02 Oktober 2023 – 15:47 WIB
Asal-Usul Nama Whoosh untuk Kereta Cepat Terungkap, Ternyata - JPNN.COM
Kereta Cepat Jakarta - Bandung "Whoosh" yang dapat memangkas waktu perjalanan ke Bandung hanya 45 menit. ANTARA/Fitra Ashari.

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengungkap asal-usul nama Whoosh untuk kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang berkecepatan hingga 350 km/jam.

Menurut Budi, penamaan kereta cepat diminta oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan menugaskan Menteri Sekretariat Negara Pratikno menggelar lomba logo dan nama untuk moda transportasi terbaru Indonesia tersebut.

Dengan melibatkan orang-orang yang bekerja di bidang kreatif, Kemensesneg kemudian menominasikan 10 orang yang memiliki kapasitas untuk membuat desain logo kereta cepat dalam waktu hanya dua minggu/

“Tetapi dialektika di lapangan terjadi. Bapak Presiden bilang beberapa kali masyarakat menyebut was wus was wus, kemudian suatu hari Presiden bilang apa tidak bagus itu Whoosh?" tutur Menhub Budi.

"Akhirnya tiga besar pelaku kreatif itu dipersilakan mengembangkan (logo dan nama) Whoosh,” imbuhnya, di sela-sela peresmian KCJB di Stasiun Halim, Jakarta, Senin (2/10).

Nama Whoosh yang merupakan akronim dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat, terinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi.

“Membacanya wus artinya itu kecepatan tinggi sekali,” ujar Menhub Budi.

Dia menilai penamaan kereta cepat itu suatu anugerah. Selain itu, para desainer yang lolos seleksi pun kooperatif sehingga bisa dilakukan penamaan dengan pendek, yakni Whoosh.

Menhub Budi Karya Sumadi mengungkao asal-usul nama Whoosh untuk kereta cepat Jakarta-Bandung. Ternyata dari sini idenya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close