Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

ASN Makin Cakap Digital, Info Hoaks pun Lewat 

Selasa, 21 Maret 2023 – 11:08 WIB
ASN Makin Cakap Digital, Info Hoaks pun Lewat  - JPNN.COM
Kemenkominfo dan Kemendagri menyelenggarakan literasi digital bagi ASN di Yogyakarta. Foto dok. Kemenkominfo

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Dalam Negeri (BPSDM Kemendagri) menyelenggarakan literasi digital sektor pemerintahan di Yogyakarta. 

Literasi digital ini menyasar aparatur sipil negara (ASN) dan sumber daya manusia (SDM). Kegiatan yang dilaksanakan pada 14-16 Maret ini menjangkau 18 ribu ASN dan SDM di Provinsi DIY. 

Ketua Tim Literasi Digital sektor Pemerintahan Niki Maradona menyampaikan kegiatan ini bertujuan meningkatkan kompetensi ASN dan SDM Provinsi DIY dalam bidang teknologi digital, sehingga bisa memperbaiki pelayanan publik. 

“Dengan adanya transformasi digital, keterhubungan pelayanan publik menjadi makin cepat, keinginan masyarakat akan kecepatan layanan dan akurasi akan meningkat,” jelas Niki dalam keterangannya dikutip Selasa (21/3).

Niki menambahkan menolak adanya digitalisasi berarti menolak kemajuan. Digitalisasi bertujuan mempermudah pekerjaan manusia, terlepas munculnya tantangan baru dari adanya transformasi digital.

Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Agus Irawan menyampaikan bahwa Indonesia Emas 2045 merupakan visi pemerintah Indonesia untuk membangun negara maju berbekal SDM unggul. 

Salah satu SDM unggul adalah yang diharapkan dapat dinamis dalam menghadapi perkembangan teknologi dan tantangannya. Pertumbuhan pengguna internet menunjukkan manfaat internet bagi kehidupan, tetapi adanya hoaks membuktikan bahwa perkembangan tersebut kurang sehat. 

"Literasi digital diharapkan dapat menjadi solusi untuk menangkal hal tersebut,” ucap Agus.

Kemenkominfo dan Kemendagri memberikan literasi digital bagi ASN agar lebih cakap diigital sehingga bisa menangkal informasi hoaks

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close