Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Atasi Macet di Puncak Bogor, Kemenhub Kaji Pembangunan Kereta Gantung

Rabu, 24 Mei 2023 – 18:43 WIB
Atasi Macet di Puncak Bogor, Kemenhub Kaji Pembangunan Kereta Gantung - JPNN.COM
Macet di kawasan Puncak, Bogor. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, CIANJUR - Salah satu solusi mengatasi kemacetan di jalur utama Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dengan membangun kereta gantung.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan kajian pembangunan kereta gantung.

"Kami berkoordinasi dengan kementerian lain termasuk Komisi V DPR untuk menyampaikan solusi kemacetan di jalur Puncak dan kereta gantung salah satu solusi yang sudah kami sampaikan dan mendapat respons cukup baik," kata Kepala Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kemenhub Gunung Hutapea di Cianjur, Rabu.

Dia mengatakan pihaknya sudah melakukan sejumlah kajian terkait solusi mengatasi macet di jalur Puncak yang terjadi setiap hari terutama saat libur akhir pekan.

Kajian tersebut, ungkap Gunung, akan lebih dimatangkan bersama Kementerian PUPR dan Kementerian Keuangan terkait anggaran yang dibutuhkan dalam membangun kereta gantung yang lokasinya akan berada di wilayah Bogor dan Cianjur.

Tidak hanya kereta gantung, pihaknya juga mengajukan solusi lain untuk mengatasi macet di jalur utama Puncak, seperti pelebaran jalan, penataan simpang, membangun jalan bebas hambatan atau Jalan Tol Jagorawi-Caringin tembus Gunung Mas.

"Cianjur merupakan salah satu pusat perekonomian di Jawa Barat yang banyak dikunjungi warga terutama wisatawan dari wilayah Jabodetabek, karena banyaknya destinasi wisata yang terdapat di dalamnya, sehingga solusi macet di kawasan Cianjur harus segera diputuskan," katanya.

Sejumlah usulan tersebut, tutur Gunung, sudah dilakukan kajian transportasi dari bidang sarana, prasarana dan keselamatan.

Salah satu solusi mengatasi kemacetan di jalur utama Puncak, Kabupaten Bogor, dengan membangun kereta gantung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close