Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Aturan Semifinal Piala Menpora 2021: Tanpa Extra Time, Agregat Imbang Langsung Adu Penalti

Rabu, 14 April 2021 – 23:08 WIB
Aturan Semifinal Piala Menpora 2021: Tanpa Extra Time, Agregat Imbang Langsung Adu Penalti - JPNN.COM
Ketua OC Piala Menpora Akhmad Hadian Lukita. Foto: Amjad/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Piala Menpora 2021 sudah memasuki babak semifinal. Ada beberapa aturan yang diterapkan dan layak disebut unik.

Selain soal pembagian grup, aturan di ajang pramusim ini terkait penentuan tim lolos ke partai puncak juga berbeda dengan aturan yang lumrah dipakai selama ini.

Ajang semifinal sendiri di Piala Menpora 2021 digelar dalam dua leg, bukan single match seperti di babak delapan besar.

Aturan tanpa perpanjangan waktu atau extra time  diterapkan, namun untuk mekanisme keunggulan agregat dari gol tandang, tak akan diperhitungkan.

Artinya, laga leg pertama tak akan dihitung jumlah golnya saat berakhir imbang. Keuntungan gol tandang, dihilangkan. Dengan begitu, ketika sebuah tim bermain imbang 1-1 di laga kandang dan 2-2 di laga tandang, maka bukan jumlah gol saat status tandang yang dijadikan penentu lolos, namun langsung ke adu penalti.

"Jadi kalau imbang, misalnya 1-1 di laga pertama, kemudian di laga kedua skornya 2-2, nggak dihitung, jadi langsung adu penalti. Kalau salah satu tim menang, di kandang, tetapi saat tandang kalah 0-1, atau 1-2, ini kan imbang agregatnya, maka juga adu penalti," kata Ketua OC Piala Menpora Akhmad Hadian Lukita.  

"Tetapi, kalau ada selisih golnya, maka yang menang dengan lebih banyak selisih gol, itu yang dinyatakan lolos," imbuh pria yang karib disapa Lulu.

Baca Juga: Brigadir AG dan Briptu DK Dipecat, Kapolres: Perbuatan Mereka Sudah Tak Bisa Ditolerir