Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Australia Hentikan Penyelidikan Tuduhan 'Dumping'

Jumat, 15 Januari 2010 – 20:23 WIB
Australia Hentikan Penyelidikan Tuduhan 'Dumping' - JPNN.COM
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu menjelaskan bahwa Australia telah resmi menghentikan penyelidikan ulang atas tuduhan dumping terhadap produk certain toilet paper (CTP) asal Indonesia. Dijelaskan Mendag, penghentian penyelidikan tersebut didasarkan pada surat yang dikeluarkan oleh pihak Bea dan Cukai Australia, yakni Australian Customs Dumping Notice No. 2010/01, pada tanggal 12 Januari 2010.

"Inti dari surat tersebut adalah menghentikan penyelidikan ulang dumping dan dicabutnya pengenaan Bea Masuk Anti Dumping Sementara (BMADS) terhadap produk certain toilet paper asal Indonesia," terang Mendag di Jakarta, Jumat (15/1) sore.

Menurut Mari, pencabutan ini dilakukan karena produk CTP asal Indonesia tidak terbukti menyebabkan kerugian yang dialami industri dalam negeri Australia. Dengan dikeluarkannya notice tersebut, lanjut Mendag, maka keputusan pengenaan BMADS tanggal 31 Desember 2008 terhadap produk kertas asal Indonesia dan RRT (Cina) tidak berlaku lagi.

"Penghentian penyelidikan dumping dan dicabutnya pengenaan Bea Masuk Anti Dumping Sementara tersebut merupakan berita positif bagi Indonesia, karena berarti peluang ekspor certain toilet paper ke Australia terbuka kembali bagi perusahaan Indonesia," paparnya.

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Mari Elka Pangestu menjelaskan bahwa Australia telah resmi menghentikan penyelidikan ulang atas tuduhan dumping

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close