Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Ayo, Bertarunglah, Petarung!

Hasan Aspahani

Jumat, 23 Januari 2015 – 16:15 WIB
Ayo, Bertarunglah, Petarung! - JPNN.COM

Ayo, Bertarunglah, Petarung!KATA-KATA itu belum lama engkau ucapkan. Berkali-kali. Saya yakin engkau juga belum lupa. Engkau mengucapkannya di beberapa tempat, di beberapa kesempatan.

"Saya ini petarung. Jangan pikir saya lembek," katamu di hadapan  santri Pondok Pesantren Pandanaran, Sleman, Yogyakarta, Senin (2/6) siang, belum setahun berlalu. Saya ingatkan satu momen ini saja.

Itu menjelang pemilihan presiden yang akhirnya engkau menangkan. Rakyat memilihmu. Engkau mengidentikkan dirimu dengan rakyat. Kau bilang, kandidat lawan boleh saja tangguh, mempunyai dana kampanye yang besar, serta memiliki mesin politik yang besar dan kuat karena didukung banyak partai.

Yang mengharukan adalah ketika dengan perbandingan itu kau bilang bahwa apa yang telah disiapkan relawan pendukungmu mampu memberikan efek lebih besar.

"Enggak apa-apa di sana mesin politik besar. Yang penting di sini mesin rakyatnya kuat, mesin relawan kuat," ujarmu waktu itu.

Rakyat. Relawan. Di mana dua nama itu sekarang kau letakkan di hatimu? Masihkah keduanya ada dalam pikiranmu?
Saya tidak ingin buru-buru menarik kesimpulan. Tapi melihat hari ini ketika orang sipil yang dulu mendukungmu beramai-ramai bergerak ke KPK, berjaga di sana, saya melihat kau mulai tidak lagi terasa ada bersama rakyat dan relawan.

Kau belum memperlihatkan seberapa tangguh kau tampil sebagai petarung. Saya belum ingin kecewa. Tapi saya siap untuk kecewa. Dan saya akan kecewa bersama banyak orang di negeri ini.

Saldo kepercayaan dan harapan kami padamu rasanya lekas sekali terkuras. Wahai, Petarung, kau masih punya waktu untuk menyetor-menambah ke rekening kepercayaan kami. Mudah-mudahan kau bisa mempertahankan rezim ini sampai pemilihan berikutnya.

KATA-KATA itu belum lama engkau ucapkan. Berkali-kali. Saya yakin engkau juga belum lupa. Engkau mengucapkannya di beberapa tempat, di beberapa kesempatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Opini

    Ramadan Mengisi Energi Gotong Royong

    Minggu, 07 April 2024 – 12:27 WIB
    Ramadan Mengisi Energi Gotong Royong - JPNN.com
  • Opini

    Oposisi Dalam Demokrasi Pancasila

    Jumat, 05 April 2024 – 16:31 WIB
    Oposisi Dalam Demokrasi Pancasila - JPNN.com
  • Opini

    Pangan Bukan Komoditas Politik

    Minggu, 17 Maret 2024 – 19:13 WIB
    Pangan Bukan Komoditas Politik - JPNN.com
  • Opini

    Tuan Rondahaim Saragih Pantas Menerima Anugerah Pahlawan Nasional 2024

    Kamis, 14 Maret 2024 – 10:00 WIB
    Tuan Rondahaim Saragih Pantas Menerima Anugerah Pahlawan Nasional 2024 - JPNN.com
X Close