Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Azis Syamsuddin Minta OJK Evaluasi Produk Asuransi Berbasis Investasi

Selasa, 20 April 2021 – 18:05 WIB
Azis Syamsuddin Minta OJK Evaluasi Produk Asuransi Berbasis Investasi - JPNN.COM
Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan jumlah laporan  masyarakat terkait produk asuransi berbasis investasi atau unitlink tahun 2020 meningkat dua kali lipat dari 2019.

Pada 2019, tercatat 360 laporan  dan 2020  593 laporan. Tren yang sama terjadi pada tahun ini, memasuki bulan keempat 2021 sudah ada 273 laporan.

DPR RI meminta OJK memetakan laporan yang diterima dari masyarakat, untuk kemudian diproses dan dijadikan bahan evaluasi terhadap pengawasan operasional perusahaan asuransi unitlink. Sehingga ke depan tidak ada yang merasa dirugikan atas transaksi yang dilakukan masyarakat pada produk keuangan tersebut.

"Kami mendorong OJK meminta para agen asuransi unitlink untuk menjelaskan kepada calon nasabah bukan hanya potensi keuntungan yang akan didapat, namun juga menjelaskan risiko investasi yang mungkin dialami, serta memastikan nasabah memahami seluruh isi polis guna menghindari tuntutan-tuntutan nasabah akibat penurunan nilai investasi yang dialami di kemudian hari," papar Azis. 

DPR RI juga meminta OJK  menginformasikan masyarakat untuk selalu membaca dengan teliti polis yang diterima maupun surat kesepakatan mengenai keuangan lainnya. Sehingga, masyarakat memahami hak dan kewajiban, maupun keuntungan dan risiko yang dialami.

Wakil ketua umum Partai Golkar ini mendorong OJK mengoptimalkan program edukasi masyarakat mengenai keuangan.

Sehingga masyarakat memiliki keterampilan membuat keputusan efektif dalam mengatur keuangannya.

Hal ini guna menciptakan masyarakat yang teredukasi dan terinklusi keuangan dengan baik.

DPR RI meminta OJK memetakan laporan yang diterima dari masyarakat, untuk kemudian diproses dan dijadikan bahan evaluasi terhadap pengawasan operasional perusahaan asuransi unitlink.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close