Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Badan Karantina Pertanian Waspadai Rock Melon Australia

Minggu, 04 Maret 2018 – 15:26 WIB
Badan Karantina Pertanian Waspadai Rock Melon Australia - JPNN.COM
Ilustrasi buah melon. Foto: Radar Pekalongan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Badan Karantina Pertanian (Barantan) bergerak cepat menyikapi pemberitaan media internasional terkait kematian warga Australia setelah mengonsumsi buah rock melon (cantaloupe).

Seperti diketahui, rock melon Australia tercemar bakteri listeria dan menimbulkan kematian tiga warga.

"Benar, kasus ini terjadi. Kami sudah mendapat konfirmasi resmi pemerintah Australia,” ujar Kepala Badan Karantina Pertanian Banun Harpini, Sabtu (3/3).

Kejadian ini merupakan sinyal emergency bagi pemerintah Indonesia untuk segera melakukan tindakan antisipatif meski sebenarnya belum ada importasi secara langsung ke Indonesia.

"Buah ini diekspor ke Malaysia, Singapura dan beberapa negara lainnya. Kita perlu waspadai utamanya masyarakat yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Singapura,” tegas Banun.

Menurut dia, masyarakat Kepulauan Riau, Batam, dan pesisir Sumatera sangat berisiko.

"Bukan tidak mungkin masyarakat di pesisir timur Sumatera berpeluang mengonsumsinya karena lalu lintas orang ke negeri seberang cukup intens", tambah Banun.

Dia meminta masyarakat waspada terhadap buah itu dan menghindari kontak langsung atau mengonsumsi melon tersebut hingga adanya investigasi dan langkah pencegahan pemerintah Australia.

Barantan bergerak cepat menyikapi pemberitaan media internasional terkait kematian warga Australia setelah mengonsumsi buah rock melon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close