Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bang Foke Ingatkan Ancaman Banjir

Selasa, 21 September 2010 – 07:56 WIB
Bang Foke Ingatkan Ancaman Banjir - JPNN.COM
JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengimbau seluruh masyarakat Jakarta untuk secara bersama-sama mengantisipasi ancaman banjir tahun ini. Imbauan tersebut menyusul prediksi BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) yang menyatakan ada potensi banjir pada akhir tahun.

“Saya mengajak semua warga Jakarta ikut mengantisipasi terjadinya banjir ini dengan tindakan preventif. Itu merupakan kewajiban seluruh warga sebagai penduduk Jakarta,” ujarnya, kemarin.

Menurut Foke, sapaan Fauzi Bowo, untuk bisa mencegah banjir, pemerintah tidak bisa bekerja sendiri. Warga DKI harus bisa membantu dengan cara yang paling sederhana. Seperti tidak membuang sampah sembarangan ke saluran di sekitar tempat tinggalnya atau saluran mikro atau makro. Selain juga ikut secara aktiv membersihkan saluran yang tersumbat atau saluran-saluran yang dipenuhi sampah san lumpur. Jika upaya mengantisipasi banjir bisa dilakukan secara bersama-sama, pihaknya optimistis, ancaman banjir bisa diminimalisasi.  “Saya tidak bisa bekerja sendiri. Masyarakat harus ikut berpartisipasi,” ungkapnya.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Ery Basworo, untuk mengurangi banjir di Jakarta, Pemprov DKI telah bekerja keras. Pada 2008 dikeruk enam segmen. Kemudian 2009 dikeruk 66 segmen. Sehingga, pengerukan telah mencapai 72 segmen. Pada 2010 dilanjutkan pengerukan enam segmen. Ditargetkan, akhir tahun ini bisa selesai. APBD telah mengalokasikan Rp 20 miliar. “Kalau enam segmen selesai, sudah 78 segmen sungai yang dikeruk,” ungkapnya.  

JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengimbau seluruh masyarakat Jakarta untuk secara bersama-sama mengantisipasi ancaman banjir tahun ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close