Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banggar DPR Tanggapi Usulan Prioritas Kebijakan Fiskal 2025

Oleh: Said Abdullah - Ketua Banggar DPR RI

Jumat, 16 Agustus 2024 – 15:52 WIB
Banggar DPR Tanggapi Usulan Prioritas Kebijakan Fiskal 2025 - JPNN.COM
Ketua Banggar DPR RI Said Abdullah. Foto: Humas DPR

jpnn.com - Siang tadi kita sudah mendengar Pidato Presiden Joko Widodo yang menyampaikan Nota Keuangan RAPBN 2025 kepada DPR RI.

Pemerintah mengusulkan asumsi ekonomi makro; target pertumbuhan ekonomi 5,2 persen, Inflasi 2,5 persen, suku bunga SBN 10 tahun 7,1 persen, nilai tukar rupiah sebesar Rp 16.100 /USD, harga minyak mentah Indonesia 82 USD/barel, lifting minyak bumi 6.000 ribu barel/hari, dan lifting gas 1.005 ribu barel setara minyak/hari.

Pada pembahasan dengan Banggar DPR nanti, saya berharap pemerintah setuju target pertumbuhan tahun depan minimal 5,4 persen.

Sebab itu angka moderat dan menjadi modal kita tahap setahap mengembalikan angka pertumbuhan tinggi seperti masa lalu, kita pernah tumbuh 6-7 persen, seperti yang diharapkan Presiden (terpilih) Prabowo Subianto.

Namun, sejak krisis moneter 1998, pertumbuhan ekonomi kita tertahan di 5 persenan hingga kini.

Kita perkirakan, The Fed akan menurunkan suku bunga, sehingga nilai tukar (kurs) rupiah bisa kita patok lebih rendah.

Saya berharap bauran kebijakan pembayaran valas juga bisa lebih beragam, sehingga ketergantungan terhadap USD bisa kita kurangi.

Dengan demikian kurs bisa lebih rendah di level Rp. 15.900- 16.000/USD. Demikian halnya dengan suku bunga SBN bisa kita dorong lebih rendah.

Ketua Banggar DPR Said Abdullah menyatakan Pidato Presiden Joko Widodo menyampaikan Nota Keuangan RAPBN 2025 kepada DPR RI pada Jumat (16/8/2024).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA