Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Banyak Laporan PPATK Tidak Ditindaklanjuti

Selasa, 06 Desember 2011 – 15:06 WIB
Banyak Laporan PPATK Tidak Ditindaklanjuti - JPNN.COM
JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) sengaja mengungkap data rekening gendut Pegawai Negeri Sipil (PNS) ke media karena bila hanya dilaporkan kepada penegak hukum tidak pernah ditindaklanjuti.

Mahfud mengakui, undang-undang (UU) secara khusus melarang PPATK mengungkap siapa pemilik rekening gendut tidak bisa mengungkap ke publik. Namun, hasil temuan mencurigakan itu harus dilaporkan kepada KPK, Polri, atau kejaksaan.

Masalahnya, kata Mahfud, sepertinya laporan itu macet di tengah jalan. Aparat penegak hukum yang menelusuri jaringan rekening mencurigakan itu biasanya tidak berdaya setelah mengetahui ada tokoh besar yang terlibat.

“Problemnya, kalau dilaporkan ke penegak hukum itu gak jalan. Sehingga PPATK mengungkap ke publik. Faktanya, temuan PPATK itu tak pernah di-follow up penyidik. Konsekuensi diumumkan sekarang adalah menimbulkan kegaduhan dan membingungkan,” kata Mahfud di Gedung MK, Selasa (6/12).

JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengatakan, Pusat Pelaporan Analisis dan Transaksi Keuangan (PPATK) sengaja mengungkap data rekening

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA