Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Baru Beberapa Jam Jadi Menristek, Bambang Brodjonegoro Sudah Sodorkan Konsep Kerja

Rabu, 23 Oktober 2019 – 22:58 WIB
Baru Beberapa Jam Jadi Menristek, Bambang Brodjonegoro Sudah Sodorkan Konsep Kerja - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo memperkenalkan Menristek dan Kepala Bidang Inovasi Bambang Brodjonegoro di Veranda Depan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (/23/10). Foto : Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro telah resmi dilantik menjadi Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) periode 2019-2024. Baru beberapa jam menyandang jabatan tersebut, Bambang langsung menyodorkan konsep kerja.

Dia mengungkapkan, Kemenristek akan melaksanakan dua agenda penting. Pertama, menyinergikan beberapa program pendidikan tinggi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Sedangkan yang kedua adalah mendirikan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) sesuai amanat Undang-undang Sisnas Iptek.

"Presiden RI Joko Widodo dalam arahannya menyatakan bahwa beliau tidak ingin kegiatan penelitian pengembangan pengkajian dan penerapan (Litbangjirap) di setiap lembaga, mempunyai kecenderungan melakukan kegiatan sendiri–sendiri," beber Bambang dalam acara sertijab di Gedung D Kemenristekdikti, Rabu (23/10).

Pernyataan Bambang ini menimbulkan decak kagum para undangan yang hadir. Mereka menilai, mantan kepala Bappenas tersebut sudah siap kerja karena datang dengan membawa konsep.

Lebih lanjut dikatakan Bambang, penelitian dan pengembangan yang dilakukan sendiri-sendiri akan membuat anggaran riset kecil serta tidak efektif. Sebab, akan terbagi lebih sedikit bagi setiap peneliti.

"Karena ada keterbatasan anggaran, akhirnya kualitas penelitiannya menjadi terbatas, bukan karena kualitas penelitinya atau researcher (peneliti) nya tapi lebih karena dana yang memang terbatas harus dibagi dalam jumlah besar," ungkapnya.

Dalam program 100 hari, Bambang mengatakan akan fokus program, struktur dan imlementasi BRIN, serta menyinergikan program-program pendidikan tinggi dengan Kemendikbud.

"Nanti saya harus bertemu Pak Nadiem (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), bicara bagaimana transisi yang terbaik, karena saya juga tidak mau waktu terbuang percuma dengan kesibukan urusan administratif birokrasi. Saya ingin semua orang bekerja keras (double gardan) untuk menyelesaikan homeworks bersama-sama," bebernya.

Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro telah resmi dilantik menjadi Menteri Riset dan Teknologi (Menristek)/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) periode 2019 - 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close