Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

BAZNAS Konsisten Lakukan Audit Syariah, Pengelolaan Zakat Makin Transparan 

Kamis, 18 Januari 2024 – 11:36 WIB
BAZNAS Konsisten Lakukan Audit Syariah, Pengelolaan Zakat Makin Transparan  - JPNN.COM
BAZNAS konsisten melakukan audit syariah, pengelolaan zakat makin transparan. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) melakukan audit syariah sebagai bagian integral dari pengelolaan dana zakat. Audit syariah menjadi instrumen kunci dalam menjaga transparansi dan keberlanjutan pengelolaan zakat yang dilakukan oleh lembaga ini.

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Teknologi dan Informasi Prof. Muh. Nadratuzzaman menyampaikan audit syariah ini dilakukan sebagai langkah konkret untuk memastikan bahwa dana zakat yang dikumpulkan dan dikelola benar-benar memenuhi prinsip-prinsip syariah yang telah ditetapkan. 

"Langkah ini tidak hanya merupakan kepatuhan terhadap aturan syariah, tetapi juga menjelma menjadi bagian integral dari upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga tersebut," kata Prof. Muh. Nadratuzzaman dalam acara sharing knowledge and experience yang disiarkan melalui Youtube BAZNAS TV, dikutip Kamis (18/1).

Prof. Nadratuzzaman melanjutkan komitmen BAZNAS untuk konsisten melakukan audit syariah bukan hanya sebagai respons terhadap regulasi, tetapi juga menjadi strategi proaktif untuk meminimalkan risiko, menjaga integritas, dan meningkatkan kualitas layanan.

Audit Syariah ini menjadi sesuatu yang sangat penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat dan menjadi langkah preventif agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Sehingga dengan adanya audit syariah ini kita lebih diingatkan dan memperbaiki diri," ucapnya.

Sementara itu, dalam pemaparannya Inspektur Jenderal Kementerian Agama H. Faisal Ali Hasyim mengatakan dalam menanggapi tuntutan akan keberlanjutan dan kepatuhan terhadap prinsip-prinsip syariah, institusi keuangan, seperti BAZNAS harus makin menekankan urgensi dan signifikansi audit syariah. 

Menurut Faisal, audit syariah bukan sekadar instrumen kepatuhan, tetapi juga menjadi fondasi dalam membangun integritas dan kepastian finansial bagi BAZNAS RI yang menerapkan prinsip-prinsip ekonomi Islam.

BAZNAS konsisten melakukan audit syariah, pengelolaan zakat makin transparan. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close