Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bea Cukai Paparkan Capaian Apik Patroli Laut di Paruh Pertama 2024, Mantap

Senin, 29 Juli 2024 – 18:54 WIB
Bea Cukai Paparkan Capaian Apik Patroli Laut di Paruh Pertama 2024, Mantap - JPNN.COM
Bea Cukai mencatat hasil positif sepanjang Januari- Mei 2024. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Bea Cukai turut berperan sebagai government agency dalam menjaga wilayah perairan Indonesia dari ancaman masuk dan keluarnya barang-barang ilegal.

Bea Cukai pun mencatat hasil positif sepanjang Januari- Mei 2024.

Mereka melakukan 178 kali penindakan dan mampu mencegah potensi kerugian negara hingga puluhan miliar rupiah.

Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar mengatakan patroli laut Bea Cukai adalah upaya instansi ini dalam mengamankan kekayaan dan hak negara (revenue collector) dan melindungi masyarakat (community protector) dari masuk dan beredarnya barang-barang ilegal.

Dalam mewujudkannya, serangkaian patroli laut telah digelar di paruh pertama 2024 yang meliputi seluruh wilayah perairan Indonesia, baik secara mandiri maupun terpadu.

Beberapa patroli laut tersebut antara lain Operasi Terpadu Bea Cukai Jaring Sriwijaya dan Jaring Wallacea, Operasi Patroli Laut Mandiri, Operasi Patroli Laut Bawah Kendali Operasi (BKO), Operasi Patroli Laut Khusus Bea Cukai, dan Patroli Yudhistira 2024 yang merupakan hasil koordinasi Bea Cukai dengan Bakamla.

Untuk periode Januari sampai Mei 2024, patroli laut Bea Cukai telah melakukan 1059 pemeriksaan dengan 178 penegahan, baik impor maupun ekspor.

Dari keseluruhan patroli laut tersebut, diperkirakan nilai barang hasil tegahan mencapai Rp 79.422.251.743,00 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 63.377.027.276,00.

Bea Cukai mencatat hasil positif sepanjang Januari- Mei 2024. Seimak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA