Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Begini Cara Puti Guntur Soekarno Memotivasi Santriwati

Sabtu, 20 Januari 2018 – 18:24 WIB
Begini Cara Puti Guntur Soekarno Memotivasi Santriwati - JPNN.COM
Puti Guntur Soekarno bersama para santriwati di Pondok Pesantren Syaichona Cholil, Bangkalan. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, BANGKALAN - Puti Guntur Soekarno berkesempatan berbagi cerita-cerita menginspirasi kepada ribuan santriwati di Pondok Pesantren Syaichona Cholil, Bangkalan, Sabtu (20/1). Kandidat Wakil Gubernur Jawa Timur itu menyampaikan pentingnya para santriwati berani mempunyai cita-cita tinggi.

“Anak-anakku dari Madura kelak kalian harus menjadi bagian dari kemajuan daerah ini, bermanfaat bagi masyarakat, mengantarkan Madura, Jawa Timur, dan Indonesia menjadi pemenang di kancah global,” kata dosen tamu Asia Jepang Research Center, Kokushikan University Jepang itu.

Puti lantas berbagi kisah masa kecilnya yang dekat dengan neneknya, Fatmawati Soekarno. Dari ibu negara pertama tersebut, Puti belajar bagaimana mengaji.

“Saya memanggil Ibu Fatmawati dengan sebutan Mbu. Suara beliau sangat merdu saat mengaji. Beliau mengajarkan kepada saya untuk selalu bersyukur, menjalani hidup dengan bahagia dan penuh optimisme. Nah, kalian yang masih sangat muda ini harus berani berpandangan jauh ke depan, punya visi, dan berani berjuang untuk meraihnya,” kata cucu Presiden pertama RI Soekarno tersebut.

Ibu dari Rakyan Ratri Syandriasari Kameron (18 tahun) dan Rakyan Daanu Syahandra Kameron (16 tahun) ini juga menekankan pentingnya sikap tidak boleh instan dalam menggapai yang diinginkan.

Dia menceritakan bagaimana saat remaja harus menabung untuk bisa membeli buku. Meski lahir dari putra sulung Bung Karno, Guntur Soekarno, Puti diajarkan hidup sederhana dan mandiri sejak kecil.

“Saya harus menabung dari uang jajan untuk membeli buku. Rajinlah membaca, karena itu pintu untuk melihat dunia, memahami situasi, memberi solusi bagi masalah sehari-hari,” kata Puti.

Dia juga berbagi pesan tentang pentingnya menjalin silaturahmi seluas mungkin. "Saling silaturami atau dalam bahasa zaman now disebut kolaborasi adalah kebutuhan mutlak jika ingin berkembang,” tutur wanita berusia 46 tahun ini.

Puti lantas berbagi kisah masa kecilnya yang dekat dengan neneknya, Fatmawati Soekarno, wanita yang mengajarkan Puti mengaji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close