Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Belasan Rumah Warga Terancam Roboh Akibat Abrasi

Jumat, 07 Februari 2020 – 05:32 WIB
Belasan Rumah Warga Terancam Roboh Akibat Abrasi - JPNN.COM
Rumah warga yang terancam tergerus abrasi di kawasan pantai Desa Penyak, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Foto: ANTARA/Ahmadi

jpnn.com, BANGKA TENGAH - Sekitar sebelas rumah warga di kawasan pantai Desa Penyak, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terancam roboh akibat abrasi.

“Ada sekitar 11 unit rumah warga itu terancam dihantam abrasi pantai, bahkan ada satu rumah sudah terdampak dan pemiliknya mengeluhkan itu kepada saya," kata Zainudin, seorang tokoh masyarakat Penyak, yang juga anggota DPRD Bangka Tengah.di Koba, Jumat (6/2).

Zainudin mengatakan sebanyak 11 unit rumah tersebut memang jaraknya hanya beberapa meter saja dari bibir pantai dan langsung menghadang gelombang pasang.

"Solusi memang harus dipasang talut atau dipindahkan talut lama yang jaraknya berdekatan," katanya.

Ia mengatakan, proyek talut untuk pemecah gelombang memang sudah ada yang dibangun dan itu merupakan proyek pemerintah provinsi namun jaraknya lebih jauh dari permukiman penduduk, terutama 11 unit rumah penduduk yang terancam abrasi itu.

"Saya tentu berupaya menyampaikan keluhan warga tersebut kepada pemangku kepentingan, karena ini menyangkut hajat hidup mereka," kata Zainduin..

Suhardi, seorang warga terdampak abrasi mengharapkan pemerintah daerah bisa membangun talut atau memindahkan talut yang sudah ada, yang jaraknya tidak jauh dari permukiman penduduk.

"Kami hanya minta dibangun talut untuk pemecah gelombang sehingga tidak langsung menghantam pemukiman penduduk," demikian Suhardi.(Antara/jpnn)

loading...