Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Benarkah COVID-19 Bisa Menular Lewat Hubungan Suami Istri?

Minggu, 10 Mei 2020 – 15:53 WIB
Benarkah COVID-19 Bisa Menular Lewat Hubungan Suami Istri? - JPNN.COM
ILUSTRASI. Tangkapan layar Coronavirus Disease (COVID-19). Foto: ANTARA/Darwin Fatir

jpnn.com, JAKARTA - Virus corona atau COVID-19 baru-baru ini ditemukan dalam air mani (semen) pria yang terinfeksi parah. Hal itu memberikan petunjuk mengenai kemungkinan virus corona menular melalui hubungan suami istri.

Fakta baru ini ditemukan dalam studi yang dipimpin oleh Weiguo Zhao, MD dari Departemen Kedokteran Pernafasan, Rumah Sakit Umum Tentara Pembebasan Rakyat China.

Dalam jurnal yang dipublikasikan di JAMA Network Open, Zhao dan rekan-rekannya mengatakan telah meneliti pasien pria COVID-19 berusia 15 tahun dan yang lebih tua pada 26 Januari hingga 16 Februari 2020 di Rumah Sakit Kota Shangqiu.

Rumah Sakit Kota Shangqiu juga merupakan satu-satunya rumah sakit yang ditunjuk untuk perawatan COVID-19 di Shangqiu, di sebelah timur provinsi Henan.

Di antara 50 pasien yang diidentifikasi, 12 pasien tidak dapat memberikan spesimen semen karena disfungsi ereksi, dalam keadaan koma, atau meninggal sebelum diambil sampel. Total 38 pasien terdaftar untuk pengujian air mani, menurut jurnal itu dalam penjelasannya, dikutip Sabtu (9/5).

Dari 38 peserta yang menyediakan spesimen air mani, 23 peserta (60,5 persen) telah mencapai pemulihan klinis dan 15 peserta (39,5 persen) berada pada tahap infeksi akut.

Hasil pengujian menemukan bahwa 6 pasien (15,8 persen) air maninya positif SARS-CoV-2, termasuk 4 dari 15 pasien (26,7 persen) yang berada pada tahap infeksi akut dan 2 dari 23 pasien (8,7%) yang telah pulih.

"Dalam studi kohort ini, kami menemukan bahwa SARS-CoV-2 dapat hadir dalam air mani pasien dengan COVID-19, dan SARS-CoV-2 masih dapat terdeteksi dalam semen pasien yang pulih," menurut Zhao dan kawan-kawan.

loading...