Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Benarkah Golongan Darah A Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona?

Sabtu, 21 Maret 2020 – 05:44 WIB
Benarkah Golongan Darah A Lebih Rentan Terinfeksi Virus Corona? - JPNN.COM
Peta kasus Covid-19 di Jakarta. Foto: tangkapan layar corona.jakarta.go.id

jpnn.com - Dengan masih merebaknya wabah COVID-19 akibat virus corona jenis baru, SARS-CoV-2, berbagai penelitian pun dilakukan. Salah satu temuan baru menyebutkan bahwa golongan darah A rentan terkena virus corona tersebut ketimbang golongan darah O.

Bagaimana Hasil Penelitiannya?

Mengutip South China Morning Post, peneliti di Tiongkok mengambil sampel 2.000 pasien virus SARS-CoV-2 di Wuhan dan Shenzhen. Dari situ, ditemukan bahwa pasien dengan golongan darah A memiliki tingkat infeksi dan gejala yang lebih parah.

Berbekal dari temuan tersebut, salah satu peneliti, Wang Xinghuan dari Pusat Pengobatan Berbasis Bukti dan Terjemahan RS Zhongnan, Universitas Wuhan, menyarankan, tenaga medis harus memperhatikan atau memberikan  pengawasan yang lebih ketat terhadap pasien yang punya golongan darah A.

Dari 206 pasien yang meninggal, 85 orang di antaranya bergolongan darah A. Jumlah tersebut 63 persen lebih banyak ketimbang golongan darah O yang “hanya” berjumlah 52 orang.

Sayangnya, tidak diketahui secara pasti mengapa golongan darah A dianggap lebih berisiko untuk terinfeksi coronavirus strain baru tersebut dan berpotensi memiliki gejala yang lebih parah, sementara golongan darah O tidak. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikannya.

Mengapa Golongan Darah A Lebih Rentan?

Dilansir dari Independent UK, ada yang bilang, itu karena antibodi alami dalam darah. Peter J. D’ Adamo, seorang ahli naturopati mengatakan orang dengan golongan darah A memang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih sensitif ketimbang golongan darah lainnya.

Dilihat dari anjuran pola makan saja, orang dengan golongan darah A disarankan untuk mengurangi asupan daging dan memperbanyak asupan sayur, buah, dan makanan organik segar. Kalau tidak, ada kecenderungan lebih gampang sakit.

Ada penelitian yang menemukan bahwa orang-orang dengan golongan darah A lebih rentan terinfeksi virus corona. Benarkah penelitian itu?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close