Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Bendung Katulampa Siaga 3, 13 Wilayah Jakarta Harus Waspada

Jumat, 07 Februari 2020 – 21:38 WIB
Bendung Katulampa Siaga 3, 13 Wilayah Jakarta Harus Waspada - JPNN.COM
Bendung Katulampa, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketinggian muka air Bendung Katulampa di Bogor, Jawa Barat, berada pada level 90 sentimeter atau masuk status siaga 3, Jumat (7/2), mulai pukul 18.20 WIB.

Kenaikan status tersebut menyusul hujan deras yang mengguyur hulu Sungai Ciliwung di Puncak Bogor sejak sore.
Petugas Jaga Bendung Katulampa, M Jaenudin mengatakan level muka air berada di angka 40 sentimeter pukul 17.00 WIB. Kemudian naik menjadi 70 sentimeter pukul 17.35 WIB.

Hujan diketahui mengguyur kawasan Puncak dan Bogor sejak pukul 16.30 WIB. Hal itu membuat muka air Bendung Katulampa naik drastis menjadi 90 sentimeter pada pukul 18.20 WIB.

"Sejak pukul 19.00 WIB sampai 20.00 tinggi muka air Bendung Katulampa bertahan di angka 90 sentimeter," tulis BPBD DKI Jakarta dalam keterangannya.

Kenaikan tinggi muka air Bendung Katulampa itu dapat dipantau melalui situs bpbd.jakarta.go.id. Oleh karena itu warga yang tinggal di bantaran Sungai Ciliwung seperti di Jakarta diimbau waspada karena hujan intensitas rendah masih mengguyur kawasan Puncak.

Untuk antisipasi, BPBD menyebutkan, kurang lebih sekitar 6 - 9 jam ke depan, air akan sampai di PA. Manggarai, Wilayah yang akan dilalui sebagai berikut :

- Srengseng Sawah
- Rawajati
- Pengadegan
- Cikoko
- Pejaten Timur
- Kebon Baru
- Bukit Duri
- Balekambang
- Cililitan
- Cawang
- Bidara Cina
- Kampung Melayu
- Manggarai

Stasiun Klimatologi Kelas III Citeko BMKG, Puncak, Bogor, sebelumnya sudah mengeluarkan peringatan dini cuaca khusus untuk kawasan Bogor, Puncak, dan Cianjur (Bopunjur), bahwa pada 7 Februari 2020 pukul 16.30 WIB hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat atau petir berpotensi turun di kawasan itu.

Ketinggian muka air Bendung Katulampa di Bogor, Jawa Barat, berada pada level 90 sentimeter atau masuk status siaga 3, Jumat (7/2), mulai pukul 18.20 WIB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close